ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 SINGARAJA

Authors

  • I Gede Mardana SMA Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v20i1.45980

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran Daring, Covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis evaluasi ketercapaian pelaksanaan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 2 Singaraja pada aspek: a) partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring (online), b) flatform yang digunakan selama pembelajaran daring, c) kualitas jaringan, d) waktu diskusi selama pembelajaran, e) hasil belajar, dan f) pendapat responden mengenai pelaksanaan proses pembelajaran daring pada semester selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan secara online. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 90 responden (siswa = 60 orang dan guru = 30 orang). Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan Menunjukan: a) partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring (online) sangat tinggi yaitu sebesar 97%; b)flatform yang digunakan selama pembelajaran daring dengan  google classroom 90%, Wa 8% dan zoom meet 2%; c) kualitas jaringan selama pelaksaan pembelajaran daringdirespon sangat baik 2%, baik 25%, cukupbaik 61%, dan kategori tidak baik 12%, d) ketersediaan  waktu diskusi selama pembelajaran daring dilaksanakan sebesar 83% dan yang memberikan jawaban tidak yaitu 17 %; e) hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring: 2% tergolong sangat baik, baik 77%, cukup baik 21%, dan tidak baik sebesar 0%, f) pendapat responden mengenai pelaksanaan proses pembelajaran daring pada semester selanjutnya yaitu 90% respondenkembali kepembelajaran tatap muka sedangkan 10% responden menyukai pembelajaran daring.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282-289.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.

Hikmat., Hermawan, Endang., Aldim., Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati

Nurmaya, et al (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring (online) Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 80-85

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PAN&RB) Nomor 50/2020 tentang Perubahan Kedua atas Surat Edaran Menteri PAN & RB Nomor 19/2020

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19)

Viner, R., Russell, S. M., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., ..., & Booy, R. (2020). School Closure and Management Practices During Coronavirus Outbreaks Including COVID-19: A Rapid Systematic Review. The Lancet Child & Adolescent Health, 4(5), P397-404.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles