Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca

Authors

  • Farita Ervina Kusmilawati Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Husnul Hadi Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter siswa kelas IV pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di SD Negeri 1 Telawah Kabupaten Grobogan cukup baik. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari lima nilai karakter dalam rangka penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong.

 

Kata Kunci: Nilai Karakter, Belajar Bahasa Indonesia, Membaca

 

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Anggela, Mila, Masril, dan Yenni Darvina. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education, Vol. 1 Hal. 63-70. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/. Diakses 29 Mei 2019.

Anni, Catharina Tri. dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas. Negeri Semarang Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Astuti, Harini Puji, dan Wuri Wuryandani. 2017. Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun VII No. 2 Hal. 226 – 239. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/. Diakses 29 Mei 2019.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Ugrensi Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Posdakarya.

Depdikbud. tt. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrianshari, Deddy, dkk. 2018. Analisis Nilai - Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Vol. 6 No. 1 Hal. 88-95. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/. Diakses 29 Mei 2019.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Haryati, Titik, dan Nor Khoiriyah. 2017. Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII No. 1 Hal. 1-9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15493. Diakses 29 Mei 2019.

Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Koesoema, Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: KANISIUS.

Mertiana, Zara, dkk. 2014. Analisis Proses Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Ilmu Alam SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.6, hal 611-621.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.

Munsyi, Diki A.K., dkk. 2015. Analisis Karakter Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Games Edukatif Terintegrasi Materi Gerhana Pada Siswa SD. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung, Indonesia.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Putri, Dini Palupi. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 Hal. 37-50. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/ . Diakses 29 Mei 2019.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Resmini, Novi dkk. 2006. Membaca dan Menulis di SD Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Rifa’i RC, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegeng. 2007. Filsafat Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI PRESS.

Solikatun dan Masduki. 2014. Analisis Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kartasura). Naskah Publikasi. Fakultas Muhammadiyah Surakarta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Kusmilawati, F. E., Hadi, H., & Agustini, F. (2019). Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17923

Issue

Section

Articles