Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono

Authors

  • Naelil Maziyah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Rais Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17924

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-niali spiritual yang dapat membentuk karakter siswa dalam Buku Cerita Rakyat Joko Dolok Karya Wiradarsono, untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya nilai spiritual dalam buku cerita yang dapat membentuk nilai karakter serta untuk mengetahui bagaimana sekolah menanamkan nilai karakter pada anak didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang dapat mempengaruhi berkurangnya minat baca siswa terhadap buku cerita rakyat serta menggeser tata nilai dalam kehidupan. Akibatnya, kehidupan manusia menjadi kering spiritualitas, bahkan keimanan pada Dzat Yang Maha Kuasa juga mulai luntur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. berdasarkan hasil analisis peneliti, buku cerita rakyat Joko Dolok mengandung 34 nilai spiritual yang dapat membentuk karakter siswa. Nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai karakter tersebut dapat dilihat dari kutipan dalam penokohan, dan dibuktikan dari indikator iman, ibadah, dan akhlak serta indikator 18 nilai karakter, beberapa point yang mempengaruhi nilai spiritual dalam buku cerita dapat membentuk nilai karakter yaitu dari lingkungan, banyaknya nilai spiritual yang ada didalam buku tersebut dan isi atau alur dari cerita tersebut. Dan tiga cara menanamkan nilai karakter pada siswa yaitu sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran dimulai dan saat diluar jam pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan mengenai nilai spiritual dalam buku cerita rakyat berkaitan dengan karakter siswa itu sendiri, guru bisa menjadikan buku cerita rakyat sebagai media untuk membentuk karakter, media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran.

 

Kata kunci : Nilai Spiritual, Nilai Karakter, Buku Cerita Rakyat

References

Al-Qur‟an dan terjemahnya. 2006. Departemen Agama Republik Indonesia. Pustaka Agung harapan.

Amin ,Irzal (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa Di Kerinci: Kategori dan Fungsi Sosial Teks . Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1, Februari 2013

Edy, Raheni dkk. 2013. Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak untuk Penanaman Nilai Etis-Spiritual. Jurnal UNS. Vol.12, No. 2, edisi Oktober.

Gusviani, Evi. 2016. Analisis Kemunculan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd Yang Menggunakan Ktsp Dan Kurikulum 2013 EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 8. No.1 Januari 2016 Hal 96-100

Gusnetti ,Syofiani ,Isnanda (2015). Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat . Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1.i2 ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6319

Kristanto, M. 2014. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal UPI. Vol.1, No.1, edisi April.

Majid, M. Arifin Arsyil. 2015. Analisis Nilai Karakter Dongeng dan Cerita Rakyat Indonesia pada Buku “Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda” Tulisan Ajeng Restiyani 2015. Skripsi Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Matthew, Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Perss).

Melasarianti , Lalita (2015). Membentuk Karakter Anak Sesuai Prinsip Pancasila Melalui Cerita Rakyat . Jurnal Lingua Idea Vol 6, No 1, Juni 2015

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Munirah (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015

Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjana wiyata Taman siswa.

Parmini, Ni Putu. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud. Jurnal Kajian Bali. Vol.05, No.02, edisi Oktober.

Rachman, Abd Abror. 2009. Pantun Melayu: Titik Temu Islam dan Budaya Lokal Nusantara. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga Group.

Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Wiradarsono, Hadi. Jaka Dolok. Surakarta: Kharisma.

Yaum, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Pernadamedia Group.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17924

Issue

Section

Articles