EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER BERSAHABAT SISWA

Authors

  • Nawang Wulan PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang Indonesia
  • Husni Wakhyudin PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang Indonesia
  • Intan Rahmawati PGSD FIP UPGRIS, Kota Semarang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter bersahabat melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SDN Tlogomulyo Semarang. Proses penelitian yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter bersahabat melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari SDN Tlogomulyo Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan guru pelatih seni tari. Hasil dalam penelitian ini adalah peran aktif kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk nilai karakter bersahabat siswa sudah terbentuk dengan baik. Hal tersebut direalisasikan ketika anak dalam menari bisa membantu temannya ketika ada teman yang belum bisa menari, anak mengenal semua temannya dalam menari dan anak tidak membeda – bedakan teman dalam menari.

Kata Kunci : Ekstrakurikuler Seni Tari, Karakter Bersahabat

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assidiqi , Hasby (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No.1, Januari - April 2015 © STKIP PGRI Banjarmasin

Azmi ,Zul (2018). Memahami Penelitian Kualitatif Dalam Akuntansi . Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 11 (1), 2018: 159 - 168 P-ISSN: 1979-858X; E-ISSN: 2461-1190

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Cahyono ,Hadi (2015). POLA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Sebuah Studi Di SDN 1 Polorejo) . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2 Juli 2015

Dra. Fuji Astuti, M. (2016). Pengetahuan dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Padang: Kencana.

Khutniah ,Nainul (2012). Upaya Mempertahankan Eksistensi Tari Kridha Jati Di Sanggar Hayu Budaya Kelurahan Pengkol Jepara . Jurnal Seni Tari JST 1 (1) (2012)

Lestari, Y. S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Trihayu : Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol. 3, No 1, September 2016, hlm. 38-42, 40-41.

Moleong Lexy J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Noor Yanti, R. A. (2016). Pelaksaaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016, 964.

Noor Yanti, R. A. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, mei 2016, 965.

Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Novi Mulyani, M. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Cilacap: GAVA MEDIA.

Samani Muchlas & Hariyanto (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.

Sari, P. I. (2017). Eksplorasi Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Tari Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA- Vol 3, No 1, April 2017 - Jurnal LP3M-Universitas Sarjanawiyata Tamansari Yogyakarta, 51.

Sustiawati ,Luh (Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning . Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Mei 2017

Suyito ,Imam (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal . Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012

Syarief , Hasnan (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Perguruan Islam An-Nizam Medan . Jurnal EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017 ISSN: 2442-6024 e-ISSN: 2442-7063

Yuni ,Ria (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik .Jurnal UCEJ, Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Downloads

How to Cite

Wulan, N., Wakhyudin, H., & Rahmawati, I. (2019). EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER BERSAHABAT SISWA. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17926

Issue

Section

Articles