Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013

Authors

  • Ririn Dwi Novitasari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Filia Prima Artharina Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Keywords:

implementasi, kegiatan pembiasaan, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah SD Negeri 1 Pulorejo dalam penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 dalm hal : 1)  kesiapan kurikulum sekolah, 2)  kesipan pendidik dan tenaga kependidikan. 3)  kesiapan peserta didik. Penilitian ini adalah deskripsi kualitatif. untuk mengetahui penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 di SDN 1 Pulorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Pulorejo. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 di SDN 1 Pulorejo  diketahui bahwa SDN 1 Pulorejo sudah mengimplementasi pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Hasil analisis ini berdasarkan sepuluh prinsip pelaksanaan PPK. Pendidikan karakter disekolahan ini diselenggarakan melalui pendidikan dan pembelajaran untuk dapat mencapai visi yang unggul dalam prestasi, cerdas terampil beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berkarakter bangsa dan berwawasan gender, dan sesuai dengan peraturan presiden No. 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter bahwa penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal saat ini sangatlah diperlukan, hal ini dikarenakan anak usia sekolah merupakan aset bangsa dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang berbudaya dan memiliki semangat kebangsaan, peduli sosial serta cinta tanah air.

 


References

Citra, Yulia. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran . Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus . Volume 1 Nomor 1 Januari 2012

Hendarman, dkk. 2017.Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Kemendikbud.

Jalil, Abdul. 2012. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter . Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, Nomor 2, Oktober 2012

Kemendikbud. 2016. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. 2016. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. 2016. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama “Senang Belajar di Rumah Kedua”. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian Penguatan Pendidikn Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Nasution, Toni. 2015. Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter . Jurnal Ijtimaiyah Vol.2 No.1 Januari-Juni 2018 Issn 2541-660x

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan . Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468

Perpres 2017 No. 87 Pasal 3, Penguatan Pendidikan Karakter.

Wibowo, Agus. 2016. Management Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Zulhijrah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah .Jurnal Tadrib Vol. 1 No.1 Juni 2015

Downloads

How to Cite

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495

Issue

Section

Articles