Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Demokrasi Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Gede Lider Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20301

Keywords:

Pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa, sikap demokrasi, hasil belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dan sikap demokrasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 80 siswa. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  dan  sikap  demokrasi terhadap hasil belajar PKn. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran  kontekstual  bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dengan siswa dalam proses pembelajaran menerapkan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi. Kempat, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa dengan proses pembelajaran menerapkan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa antara siswa yang pembelajarannya  menggunakan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi rendah.

References

Dantes, N 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Lasmawan, W. 2007. “Memperkuat Jati Diri dan Simpul Kenegaraan Melalui Pembelajaran Pkn Yang Berbasis Local Genius”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha Volume 3 Tahun 2007. Singaraja: JPP Undiksha.

Lasmawan, W. 2010. Menelisik Pendidikan PKN dalam Perspektif Kontekstual-Emperis. Singaraja : Mediakon Indonesia Press Bali.

Purnomo, A. 1999. Sikap Demokratis Siswa Sekolah Menengah Umum di Yogyakarta.Tesis master, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rakhman, Jalaludin. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sihabuddin R. 2002. “Pendidikan Demokrasi Melalui Pengelolaan Asertivitas dan Atribusi Siswa Terhadap Sikap dan Perilaku Berdemokrasi : Studi Pengembangan Pendekatan Pendidikan Demokrasi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung” (halaman 140-158). Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana UPI.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subandrio. 2002. Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pendekatan Komprehensif di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 2 Bantul Tahun Pelajaran 2001/2002.Tesis(tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono. 2013b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, 2003. Evaluasi Pedidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi aksara.

Suryadi. 1999. “Demokratisasi Pendidikan Demokrasi”, Mimbar pendidikan. Jurnal Pendidikan No. 1 Tahun XVIII.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Lider, G., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Demokrasi Pendidikan Kewarganegaraan. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20301

Issue

Section

Articles