Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Integrasi Pendidikan Karakter terhadap Critical Thinking dalam PPKn Siswa Kelas IV

Authors

  • M. Dina Utami Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • N. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • K. Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.20358

Keywords:

Critical Thinking, Problem Based Learning, Pendidikan Karakter, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Integrasi Pendidikan Karakter terhadap Critical Thinking dalam PPKn siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di Gugus XV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 226 Siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling: yang dirandom adalah kelas sebagai intac grup, sehingga didapatkan siswa kelas IV SD Negeri 1 Anturan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Kalibukbuk sebagai kelas Kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (Uji-t). Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan intergrasi pendidikan karakter terhadap critical thinking PPKn siswa kelas IV di Gugus XV.

 

 

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzi, F.Y., I. Arianto, E. Solihatin. 2013. “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik”. Jurnal PPKN UNJ Online.Vol. 1, No.2.Tersedia pada https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/. Diakses pada 23 Januari 2019.

Fisher. 2009. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga Jalal, Fasli. 2010a. Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter : Tiga Stream Pendekatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Judiani, Sri. 2010. “Implementasi Pendidikan karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.16, No.9, Edisi Khusus III. Tersedia pada http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index. php/jpnk/article/view/519/358. Diakses pada 23 Januari 2019.

Maolani, Rukaesih. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Murti, Bhisma. 2009. “Berpikir Kritis (Critical Thinking)”. Seri Kuliah Budaya Ilmiah. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Tersedia pada http://researchengenis.com. Diakses pada 25 Januari 2019.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offet

Saputra, A.T. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD. Vol.1. Tersedia pada https://docplayer.info/64172534-Peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-menggunakan-model-problem-based-learning-pbl-pada-pembelajaran-tematik-terpadu-di-sekolah-dasar.html. Diakses pada 25 April 2019.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Susongko, Purwo. 2010. “Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Grade Response Model (GRM)”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. No.2. Tersedia pada http://repository.radenintan. ac.id/34/1/criticalthinking.pdf. Diakses pada 24 Januari 2019.

Downloads

How to Cite

Dewi, M. . D. U., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Integrasi Pendidikan Karakter terhadap Critical Thinking dalam PPKn Siswa Kelas IV. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.20358

Issue

Section

Articles