Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karana Dalam Pengembangan Karakter SD

Authors

  • Made Agus Dwi Pradnyana Dita Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I Made Rai Aditya Wiranata Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Kompiang Sari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I W. Sujana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.21228

Keywords:

Pendidikan Karakter, Tri Hita Karana, Desa Edukasi

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik. Pengembangan karakter banyak diwacanakan, namun nyatanya belum sepenuhnya diimplementasikan oleh siswa. Pendidikan karakter harus sesuai dengan konsep Tri Hita Karana yaitu tiga penyebab terciptanya kebahagiaan yang meliputi Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan. Desa Penglipuran memenuhi konsep Tri Hita Karana sehingga karakter masyarakat Desa Penglipuran dapat dijadikan sebagai edukasi pengembangan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan serta analisis data dan penyusunan artikel ilmiah. Dari segi Parahyangan, masyarakat desa Penglipuran membangun pura dengan posisi cukup tinggi. Dari segi Pawongan, masyarakat Desa Penglipuran sangat ramah dengan wisatawan maupun dengan sesama masyarakat. Dari segi Palemahan, kebun-kebun di Desa Penglipuran di tata sangat rapi dan bersih. Berdasarkan hal tersebut, karakter masyarakat Desa Penglipuran yang berbasis Tri Hita Karana dapat dijadikan sebagai Desa Edukasi dalam pengembangan karakter di sekolah dasar.

 

References

Andayani, Anak Agung Istri. dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/18006

(diakses pada 26 September 2019 Pukul 10.00 WITA)

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2014. Peranan Budaya Bayi Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/download/10482/6693

(diakses pada 08 Mei 2019 Pukul 13.15 WITA)

Bungin, Burhan H.M. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Cahyono, Hari, dkk. 2018. Strategi Prajuru Hulu Apad Dalam Mengimplementasikan Ajaran Tri Hita Karana Di Desa Pakraman Penglipuran Kabupaten Bangli. Jurnal Penelitian Agama Hindu. 2(1): 214-220.

http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPAH/article/view/472

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 10.00 WITA)

Endraswara, Suwardi. 2006. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haryati, Sri. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.

http://lib.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Pendidikan-Karakter-dalam-kurikulum.pdf

(diakses pada 07 Mei 2019 Pukul 11.15 WITA)

Indrastoeti, Jenny. Tanpa Tahun. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8944/6505

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 10.21 WITA)

Irawan, I Wayan Endra, dkk. 2013. Sistem Karang Memadu Sebagai Bentuk Sanksi Adat Terhadap Tindak Poligami Di Desa Adat Penglipuran Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/371/322

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 11.15 WITA)

Jalil, Abdul. 2012. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Kudus: Sekolah Tinggi Negeri Kudus.

http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/download/586/533

(diakses pada 25 September 2019 Pukul 09.15 WITA)

Jaya, Kadek Arta. 2019. Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu. 5(1): 57-67.

http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/759/641

(diakses pada 26 September 2019 Pukul 09.33 WITA)

Kurniasih, Imas. Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Pena.

Kaimuddin. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/download/7/pdf_5

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 12.43 WITA)

Lestari, Ardiyaningsih Puji, dkk. 2015. Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Guru Dan Orang Tua. Jambi: Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

https://online-journal.unja.ac.id/jlpm/article/view/2476/1789

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 11.20 WITA)

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif & Kreatif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Muliawan, I Wayan. 2017. Kearifan Masyarakat Desa Penglipuran Kabupaten Bangli Dalam Melestarikan Tanaman Bambu Dan Aplikasinya Sebagai Bahan Bangunan. Bali: Universitas Warmadewa.

https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/paduraksa/article/download/457/328

(diakses pada 28 September 2019 Pukul 11.21 WITA)

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Jurnal Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Universitas Negeri Yogyakarta.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/%20Dr.%20Mumpuniarti,%20%20M.Pd./jurnal%20pendidikan%20karakter.pdf

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 11.25 WITA)

NN. 2018. Pedoman PKM 2018. Jakarta: Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. 9(3): 464-468

https://ejournal .unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1145/953

(diakses pada 07 Mei 2019 Pukul 13.15 WITA)

Purana, Made. 2016. Pelaksanaan Tri Hita Karana Dalam Kehidupan Umat Hindu. Bali: Universitas Dwijendra.

http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/download/237/205

(diakses pada 10 Mei 2019 Pukul 15.15 WITA)

Putri, Dini Palupi. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. 2(1): 37-50

http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/article/download/439/pdf

(diakses pada 27 Mei 2019 Pukul 14.45 WITA)

Ramdhani, Muhammad Ali. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Bandung: Universitas Garut.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69/70

(diakses 26 September 2019 Pukul 16.42 WITA)

Runa, Wayan. 2012. Pembangunan Berkelanjutan Berdasarkan Konsep Tri Hita Karana Untuk Kegiatan Untuk Kegiatan Ekowisata.

https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/view/15646/10439

(diakses pada 11 Mei 2019 Pukul 13.15 WITA)

Sahlan, Abdul Kadir. 2018. Mendidik Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Deepublish.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Shoimah, Lailatus. dkk. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206/2774

(diakses pada 25 September 2019 Pukul 11.30 WITA)

Subagia, Ni Komang Wisesa. 2016. Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Tri Hita Karana Sebagai Implementasi Hukum Alam. Bandar Lampung: Universitas Lampung. https://media.neliti.com/media/publications/251316-persepsi-masyarakatterhadap-konsep-tri-9f790abe.pdf

(diakses pada 07 Mei 2019 Pukul 10.15 WITA)

Sudarwani, M.Maria. Iwan Priyoga. 2018. Kajian Pola Ruang dan Rumah Tradisional Desa Penglipuran. Semarang: Universitas Pandanaran. https://jurnal.uns.ac.id/Arsitektura/article/view/23864/17628

(diakses pada 06 Mei 2019 Pukul 15.01 WITA)

Sudiarta, Made. 2015. Keunikan Desa Penglipuran Sebagai Pendorong Menjadi Desa Wisata Berbasis Kerakyatan. Bali: Politeknik Negeri Bali.

http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/345/296

(diakses pada 28 September 2019 Pukul 12.35 WITA)

Sujana, I Gede. 2014. Peranan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Perilaku Pembelajaran. Bali: Universitas Dwijendra.

http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/33/20

(diakses pada 27 September 2019 Pukul 12.32 WITA)

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suyanto. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

http://www.konselingindonesia.com/read/307/urgensi-pendidikankarakter.html

(diakses pada 07 Mei 2019 Pukul 14.32 WITA)

Toenlioe, Anselmus JE. 2016. Teori dan Filsafat Pendidikan. Malang: Gunung Samudera.

Widiastuti. 2015. Ketahanan Budaya Masyarakat Bali Aga Dalam Menciptakan Desa Wisata Yang Berkelanjutan. Bali: Unversitas Udayana.

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/download/39300/23787/&ved=2ahUKEwiZ6-2i0vrkAhXbe30KHUnfCu4QFjABegQIAhAB&usg=AOvVaw1yE1pYMt1KafuFWJXd3te5

(diakses pada 24 Mei 2019 Pukul 12.10 WITA)

Downloads

How to Cite

Pradnyana Dita, M. A. D., Aditya Wiranata, I. M. R., Sari, K., & Sujana, I. W. (2019). Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karana Dalam Pengembangan Karakter SD. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 97–105. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.21228

Issue

Section

Articles