Struktur dan Nilai Karakter Film Animasi Anak “Diva the Series” Karya Kastari Animation

Authors

  • T. Rizkia Arnolia Universitas Muria Kudus Kudus
  • Mohammad Kanzunnudin Universitas Muria Kudus Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31999

Keywords:

Struktur, Nilai karakter, Animasi Diva The Series

Abstract

Banyak orang yang mulai melupakan nilai-nilai budaya bangsanya, perilaku dan gaya hidup yang tidak berpedoman pada adat ketimuran, dan semakin lunturnya budi pekerti dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Diva The Series karya Kastari Animation. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis struktur yang dikemukakan oleh Stanton. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber pada data yang valid untuk kemudian dianalisis menggunakan kartu data. Hasil penelitian dalam film Diva The Series memuat 5 struktur cerita yang meliputi alur, penokohan, latar, tema, amanat dan 5 nilai karakter yakni karakter religius dalam episode “Pergi Tadarus”, karakter nasionalisme dalam episode “Hari Kartini”, karakter kemandirian dalam episode “Belajar Jualan”, karakter gotong royong dalam episode “Masjid dan Pemuda Punk”, dan karakter integritas dalam episode “Jujur Itu Keren”. Implikasi penelitiannya diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para penontonnya khususnya anak-anak.

References

Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1575

Christopher, A. E., Waluyanto, H. D., & Wahyudi, A. T. (2019). Perancangan Board Game Pembelajaran Toleransi Terhadap Perbedaan Pada Pelajaran Ppkn. Jurnal DKV Adiwarna, 2(15), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/9733.

Dwi pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.

Ismayani, M. R. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86.

Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.15294/ijc.v3i1.3091.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925

Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152–164. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/28665.

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rachmawati, W., Benty, D. D. N., & Sumarsono, R. B. (2018). Budaya Sekolah Berbasis Ketarunaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 410–418. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p410. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p410

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332.

Vykhrushch, V. O., Romanyshyna, L. M., Pehota, O. M., Shorobura, I. M., & Kravets, R. A. (2020). The efficiency of training a teacher at higher education institutions of different profiles. European Journal of Educational Research, 9(1), 67–78. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.67. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.67

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Yuniarni, D. (2016). Peran Paud Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Arnolia, T. . R., Kanzunnudin, M., & Kironoratri, L. (2021). Struktur dan Nilai Karakter Film Animasi Anak “Diva the Series” Karya Kastari Animation. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31999

Issue

Section

Articles