Analisis dan Perancangan Asset Game Rumah dan Pakaian Adat Bali Berbasis Pixel Art 2D

jasson Prestiliano, Debora Puspita Sarisih, Birmanti Setia Utami

Abstract


Abstrak

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki khasanah budaya yang sangat luas dan kaya. Kebudayaan Bali memiliki filosofi yang mendalam, khususnya dalam pakaian adat dan rumah adatnya. Namun belum banyak pelaku seni modern, khususnya perancang seni game yang mengetahui makna dan filosofi setiap bentuk dan warna tersebut. Hal ini membuat mereka merancang sejauh yang mereka lihat saja. Penelitian ini membahas tentang perancangan asset game berbasis pixel art 2D dengan ciri khas Bali. Tujuan penelitian ini adalah membuat asset pixel art 2D dengan menggunakan ciri khas Jawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan strategi linear. Didapatkan hasil bahwa Pakaian dan Rumah adat Jawa memiliki ciri khas yang berbeda-beda serta memiliki berbagai filosofi yang berbeda dalam setiap bentuknya, sehingga hasil perancangan ini dapat menjadi panduan desain pixel art 2D bagi para pengembang game dan perancang seni game agar tidak menghilangkan filosofinya. Manfaat untuk para pemain game hasil perancangan ini dapat memberikan ilmu budaya tentang pakaian adat dan rumah adat Bali.

Kata Kunci: Kebudayaan Bali, Pakaian Adat Bali, Rumah Adat Bali, Aset game, pixel art 2D

 

Abstract

Bali is one of the islands in Indonesia that has a rich and wide culture. Balinese culture has deep philosophy, especially in its traditional clothes and traditional houses. However, not many modern artist, especially game artist that know know the meaning and the philosophy of each form and color. This  reason made them design the art related to Bali only as far as they see. This study discusses the design of 2D pixel art based game assets with Balinese characteristics. This study uses qualitative methods and linear strategies. The result is that the clothes and traditional houses of Bali have different characteristics and have different philosophies in each form, so the results of this design can be a 2D pixel art design guide for game developers and game artist so they will not to eliminate the philosophy. The advantage for the game players will give them the cultural knowledge about Balinese traditional clothes and traditional houses.

Keywords: Balinese culture, Balinese Traditional Clothes, Balinese Traditional House, Game Asset, Pixel Art 2D


Full Text:

PDF

References


Agung, Albertus. 2014. Penerapan unsur budaya Indonesia pada aplikasi game tetris nusantara berbasis android.

Arrafiani. 2012. Rumah etnik Bali. Jakarta: Griya Kreasi.

Ame, Taiyo. 2016. Panduan menggambar manga chibi dengan pensil. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Glauber. 2018. Indroduction to pixel art for games. (Updated 18 Juli 2012 ) URL: Introduction to Pixel Art for Games [Diakses pada 4 Juni 2019]

Maharani, Penina Inten, Utami, Birmanti Setia & Prestiliano, Jasson. 2019. Representasi tokoh pewayangan purwa pandawa gagrag Surakarta. Gondang: Jurnal seni dan budaya.

Podgorski, Daniel. 2012. Style by necessity:FTL:Faster than light, and pixel art as a new cubism. (Updated 30 September 2015) URL: dari https://thegemsbok.com/art-reviews-and-articles/video-game-reviews-mid-week-mission-ftl-faster-than-light-subset-games/ [Diakses pada 11 Juni 2019 ]

Suwardani, Ni Putu. 2015. Pewarisan nilai-nilai kearifan local untuk memproteksi masyarakat bali dari dampak negative globalisasi. Jurnal kajian Bali.

Sarwono, Jonathan. 2006. In J. Sarwono, metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wayan. 2019. 10 hal unik yang hanya ada di Bali. (Updated 13 Maret 2020) URL: https://www.water-sport-bali.com/10-hal-unik-yang-hanya-ada-di-bali/ [Diakses Pada 16 Maret 2020]




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jabi.v2i2.26458

Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF file view : 594 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Adat dan Budaya Indonesia indexed by:

 Crossref   

 




Creative Commons License
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.