PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS 4 KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ni Luh Gede Liana Candra Sari, I Komang Ngurah Wiyasa, I Gusti Agung Oka Negara

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jenis penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah 7 kelompok kelas IV SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 199 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelompok diberikan pre-test dan diuji menggunakan uji-t untuk mengetahui kesetaraan kelompok. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui tes pilihan ganda biasa. Setelah diperoleh data post-test kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor post-test siswa pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 81,75 dan rata-rata siswa pada kelompok kontrol sebesar 66,86. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 53 diperoleh harga thitung = 5,462 > ttabel = 2,000. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus 4 Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Perhitungan efektivitas model terhadap kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan menghitung Koefisien Cohen’s d, diperoleh nilai d = 1,66 dengan kategori efek sedang.

Kata kunci: Snowball Throwing ,Lagu Daerah, Kompetensi Pengetahuan IPA

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede .2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.

Agung, A.A.Gede.2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi.2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta;Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta;Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2014. Metode Penelitian.Yogyakarta:ANDI.

Dantes, Nyoman. 2017. Metode Penelitian.Yogyakarta:ANDI.

Kosasih.2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: YramaWidya.

Kurniyanthi, Ni Made Feby.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Kecmatan Denpasar Utara. Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 5, Nomor 1.

Ratna Dewi, Ni Pt. Karminia.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA.Vol. 1 No. (2)

Saefuddin, H. Asis.2016. Pembelajaran Efektif.Bandung:PT.REMAJA ROSDAKARYA.

Samatowa, Usman.2016. Pembelajaran IPA di sekolah Dasar.Jakarta: Indeks.

Sandi, I Ketut.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD.Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 2 No.(1).

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudijono.2012. Statistika Untuk penelitian. Bandung ; Alfabeta.

Sugiyono.2011. Statistika Untuk penelitian. Bandung ; Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung ; Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28897

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF file view : 381 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Adat dan Budaya Indonesia indexed by:

 Crossref   

 




Creative Commons License
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.