PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn

Authors

  • Ni Luh Dian Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.A Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28900

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring terdiri dari 5 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 149 siswa dari 5 ekolah Dasar. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yaitu 33 siswa kelas IV SD Negeri 2 Sanding yang menjadi kelompok eksperimen dan 31 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Pejeng Kaja yang menjadi kelompok kontrol Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrument tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians Data yang diperoleh thitung = 3,267 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 62  maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. , Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen   = 86,76  > kelompok kontrol   = 80,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci : Round Club, Tri Kaya Parisudha, kompetensi pengetahuan   PPkn.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring terdiri dari 5 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 149 siswa dari 5 ekolah Dasar. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yaitu 33 siswa kelas IV SD Negeri 2 Sanding yang menjadi kelompok eksperimen dan 31 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Pejeng Kaja yang menjadi kelompok kontrol Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrument tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians Data yang diperoleh thitung = 3,267 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 62  maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. , Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen   = 86,76  > kelompok kontrol   = 80,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring tahun ajaran 2019/2020.

 

 

Kata kunci : Round Club, Tri Kaya Parisudha, kompetensi pengetahuan   PPkn.

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artawan, Dkk. 2018. “Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri KayaParisudha”. Universitas Pendidikan Ganesha Vol 3 (2) (diakses pada tanggal 8 Mei 2020)

Darmadi, Hamid. 2014. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung : Alfabeta.

Daryanto. 2014. Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fitri, Ramadhani, dkk. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Round Club Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. MES (Journal of Mathematics Education and Science), Volume 2 Nomor 2 (diakses pada tanggal 30 Oktober 2019).

Indrayani, dkk. 2014 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume2 No 1 (diakses pada tanggal 8 Mei 2020)

Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Kurniasih, Imas dkk. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2018. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Septiari, Ni Luh Putu Dima. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn. Vol 1 No 2 (diakses pada tanggal 8 Mei 2020)

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Paramita.

Wahyuni, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS”. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id (diakses pada tanggal 30 Oktober 2019)

Downloads

Published

2020-10-06

Issue

Section

Articles