Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Ni Luh Rahayuni Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan banyak siswa 399 orang. Penentuan sampel penelitian teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode tes. Instrumen pengumpulan data yaitu pilihan ganda biasa. Rata-rata kompetensi pengetahuan matematika kelas mengikuti model TGT berbasis pendidikan karakter yaitu 84,00 dan kelompok mengikuti konvensional yaitu 76,03. Data yang diperoleh dianalisis uji-t yaitu polled varians. Hasil analisis data (thitung =4,748 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT berbasis pendidikan karakter dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD.

Kata kunci: TGT, kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD

References

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agustini 2016, Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media FLIP CHART Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Tersedia, https://docplayer.info/60134990-Pengaruh-model-pembelajaran-tgt-berbantuan-media-flip-chart-terhadap-hasil-belajar-ipa-siswa-kelas-v-sd.html (diakses tanggal 29 April 2020)

Amelia Rosmala.2018.Model-Model Pembelajaran Matematika.Jakarta:PT Bumi Aksara

Cahyaningsih,2017. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif dan psikomotor. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/280142-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t-7be45d50.pdf (diakses 30 April 2020)

Cahya 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Tersedia, https://www.researchgate.net/publication/336276443_PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TEAM_GAMES_TOURNAMENT_TGT_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_SD (diakses 2 Mei 2020)

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Dyah 2013, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 02 Brujul Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2012 / 2013.

Tersedia, http://eprints.ums.ac.id/22671/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf (diakses 7 Mei 2020)

Muhammad Ali Ramdhan, 2014 Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter.

Tersedia pada: http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69 (diakses 8 Mei 2020)

Nihayah (2018): Analisis Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak,Tersedia: file:///C:/Users/USER/Downloads/Ainur%20dan%20Isma.pdf (diakses 10 Mei 2020)

Sitti (2015) : Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam, Tersedia: file:///C:/Users/USER/Downloads/2562-5470-1-SM.pdf (diakses 10 Mei 2020)

Sukardi. 2012. “Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suradi (2017) : Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Tersedia: file:///C:/Users/USER/Downloads/104-423-1-PB.pdf (diakses 13 Mei 2020)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sohimin, Aris. 2014. 68 Model PembelajaranInovatifdalamKurikulum 2013 . Yogyakarta : Ar-Razz Media.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Predana Media Group.

Wawan (2016): Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi), Tersedia: file:///C:/Users/USER/Downloads/98-73-301-1-10-20170109.pdf (diakses 18 Mei 2020)

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles