Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Tri Kaya Parisudha

Authors

  • I Pt Rian Nugraha Wiraharta Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yudiana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Kusmariyatni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28907

Keywords:

open ended, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian eksperimen  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Berdasarkan wawancara dan observasi, permasalahan pada pembelajaran matematika di lapangan yaitu  kurangnya partisipasi siswa, kurangnya minat siswa dalam belajar, kurangnya sikap berpikir kritis siswa terhadap pemecahan  masalah matematika,  serta hasil belajar siswa sebagian besar dibawah KKM.  Hal ini diakibatkan oleh kurangnya penggunaan  model yang inovatif serta pembahasan permasalahan matematika dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini dirancang dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. 179 siswa kelas V SD ditetapkan sebagai populasi penelitian. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 24 siswa pada kelompok eksperimen dan 25 siswa pada kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes berupa essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Sebelum digunakan, instrumen telah diujicobakan serta dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 24,63 dan ttabel = 2,01. Kriteria pengujian menunjukan thitung> ttabel (24,63> 2,01). Simpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Hasil penelitian memberikan dampak positif terhadap siswa dan mampu  menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam membangun kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik dengan membahas konsep matematika melalui permasalahan terbuka.

 

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ali, M. (2009). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan Bagian Iii Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, Ii(1), 18–33.

Ardiyanti, N. P. R., Suarjana, I. M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1).

Artawan, K. N., & Ardiawan, I. K. N. (2018). Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Tri Kaya Parisudha. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–212.

Biliya, B. (2015). Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Repaking - Wonosegoro - Boyolali. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 78. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I1.P78-91

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i2.19671

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Pt Remaja Rodaskarya.

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.

Khalistin, & Hidayanto. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Vii-A Smp Negeri 1 Batu Pada Materi Segi Empat. Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–11.

Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal Of Education Technology, 1(3), 169. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i3.12501

M Desi Ariani, M Candiasa, A. M. (2014). Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan. 4(1), 1–11.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 5(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V5i1.166

Mujianto, S. (2017). Analisis Daya Beda Soal. Taraf Kesukaran, Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 2,2(2), 192–213. Retrieved From journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/879/637%0a%0a

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V4i2.3856

Noviyana, H. (2018). Pengaruh Model Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal E-Dumath, 4(2), 1–10.

Nuryanti, E. S. (2018). Optimalisasi Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Menganalisis Teks Pantun Melalui Model Pembelajaran Open Ended Problems Learning Bagi Siswa Kelas Xi Mipa 5 Sman 1 Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Konvergensi, 2, 55–68.

Parmanjaya, I. P. G. (2017). Ajaran Tri Kaya Parisudha Sebagai Landasan Pendidikan Nilai Moral Dan Etika Dalam Membentuk Karakter Anak. Purwadita, 1(1).

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2017.V7.I3.P241-250

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i2.88

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 1(1), 60–65. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.1.1.60-65

Somawati, A. V., & Diantary, N. M. Y. A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal Pasupati, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.37428/Pspt.V6i1.135

Suardika, I. K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2, 93–101.

Sundari, H. (2016). Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.

Suwandi, T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, Vi(2), 163–173.

Widana, N., Suhandana, A., & Atmadja, B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open- Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kintamani . E-Journal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12.

Yunus, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil. Sigma, 1(2), 40–43.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles