PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Authors

  • Wayan Eka Ardiana Tangkas Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media konkret terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Bangli. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas, dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SDN 3 Kawan dan siswa kelas V SDN 5 Kawan . Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 21 dan nilai rata-rata pad akelas kontrol yaitu 17. Dan berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil perhitungan yaitu thitung (5,79) lebih besar dari nilai ttabel (1,99). Sehingga hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar muatan pembelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik menggunakan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan pendekatan saintifik menggunakan media konkret pada siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Bangli. Dengan demikian penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Pendekatan saintifik, media konkret, hasil belajar

References

Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Arifawan, I. Made, I. GA Agung Sri Asri, and I. Made Suara. "Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Kecenderungan Komunikasi Pada Tema Tempat Tinggalku Siswa Kelas Iv Sd Negeri 5 Ubung". MIMBAR PGSD Undiksha 3.1 (2015).

Asta, I. Ketut Restana, Anak Agung Gede Agung, and I. Wayan Widiana. "Pengaruh pendekatan saintifik dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IP". MIMBAR PGSD Undiksha 3.1 (2015).

Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah (Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar). Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci sukses implementasi kurikulum 2013), Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Jonkenedi, J. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. BASIC EDUCATION, 6(6), 590-598.

Juniasih, N. W., Jampel, I. N., & Setuti, N. M. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Subari. (1994). Supervisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa. Edisi khusus, 8(1), 127.

Sundari, N. (2013). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

Solehuzain, S., & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103-111.

Wahyudin, dkk. (2006). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles