PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERWAWASAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Kadek Diah Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i1.29019

Keywords:

NHT Tri Hita Karana, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berwawasan Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan The Post Test Only Control Group Design. sampel pada penelitian ini berjumlah 57 siswa dari kelas eksperimen 35 siswa dan kelas kontrol 22 siswa yang diambil dengan sistem undian. Instrument yang digunakan yaitu kuisioner dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan inferensial yaitu uji anava. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berwawasan Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar2,27 dan nilai ttabel sebesar 2,004 pada taraf signifikansi 5%, ini berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berwawasan Trii Hita Karana berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019.

 


References

Arikunto, Suharsini. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSETP. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Prees .

Koyan, I. W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

--------, 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih, Imas. 2016. Model Pembelajaran Untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Katapena.

Martha, M.Pd. Prof. Dr. I Nengah. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suja, M.Si. Drs. I Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Surabaya: Paramita.

Suriani, Kt, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD.

Sutrisno, Leo, dkk. 2008. “Pengembangan Pembelajaran IPA SD” Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif san R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. “Belajar dan Pembelajaran” Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles