Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Putu Hary Anggara Citragotra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Arini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i1.29020

Keywords:

snowball throwing, tri hita karana, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang dibelajarkan pada siswa kelas III di SD Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Sampel diambil dengan cara random sampling melalui teknik undian, tetapi yang diundi adalah kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan tidak dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana. Besarnya thitung sebesar 2,533, sedangkan, ttabel dengan dk = 54 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang tidak belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana pada siswa kelas III SD di Gugus IV Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017

 


References

Dewi, M.P., Putra, I.K.A. and Negara, I.G.A.O., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus Sri Kandi Kecamatan Denpasar Timur. MIMBAR PGSD Undiksha,1(1).

Kurniasih, I. & Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Kusumayanti, D.P.Y., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Mimbar PGSD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Edisi 1, Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles