PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Authors

  • Ni Made Selviyana Candra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i1.29025

Keywords:

TAI, THK, Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, IPS.

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di Sekolah Dasar, berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan ditemukan bahwa partisipasi siswa dan daya tangkap siswa kurang dalam proses pembelajaran  sehingga mengakibatkan rendahnya nilai kompetensi pengetahuan yang dimiliki siswa serta kurangnya adaptasi dan interaksi dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan sikap sosial siswa dengan lingkungan sekitar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 215 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik group random sampling yaitu SD Negeri 1 Pancasari sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan SD Negeri 3 Pancasari sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes dan tes dengan instrumen lembar kuesioner untuk mengukur sikap sosial dan tes objektif untuk mengukur kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Diketahui dari hasil analisis uji Manova diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci:

 

References

Dantes, Nyoman. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Graha Ilmu

Hadinata, Md Sukma, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Gugus IV Bondalem Kecamatan Tejakula”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1, No. 1.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Puspawati, Luh Dewi, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization berbantuan peta konsep terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini Denpasar Barat”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5, No. 2.

Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 20, No. 2.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suharyat, Yayat. 2009. “Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia”. Tersedia pada https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents. Diakses, 27 Maret 2019.

Susanto. Ahmad. 3013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilo, Willy., dkk. 2018. Sistem Kompetensi Nasional Berbasis KKNI & SKKNI. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wirawan, I M. A. 2011. Tri Hita Karana: Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurut Veda. Surabaya: Paramita.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles