Sebuah Studi Etnografi: Akuntansi Pernikahan Ditinjau dari Perspektif Budaya Tionghua

Authors

  • Irvin Nicholas Universitas Tanjungpura
  • Ricky Saputra Universitas Tanjungpura
  • Rafles Ginting Universitas Tanjungpura
  • Nella Yantiana Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v6i1.64880

Keywords:

akuntansi, pernikahan, sangjit

Abstract

Sangjit merupakan sebuah budaya dari salah satu suku di Indonesia, yakni Suku Tionghua yang berkaitan dengan pernikahan di mana sebelum pernikahan antara kedua pasangan dilangsungkan, maka pada Suku Tionghua harus terlebih dahulu melakukan prosesi Sangjit. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui makna dari budaya Sangjit jika dikaji melalui ilmu akuntansi. Dalam Sangjit sendiri terdapat prosesi seserahan barang serta tahap persiapan sebelum prosesi yang menarik jika dilihat dari kacamata akuntansi. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi serta menggunakan data primer dengan wawancara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni mengelompokkan hasil wawancara ke dalam daftar kategori berdasarkan fenomena perilaku atau psikologi yang unik, pemberian label atas kategori, serta membuat kesimpulan berdasarkan daftar kategori. Lokasi penelitian berada di kota Pontianak serta responden penelitian berjumlah 5 (lima) orang yang sudah menikah dan melewati prosesi Sangjit. Hasil dari penelitian ini yaitu budaya Sangjit memiliki kaitan erat terhadap akuntansi di mana praktik akuntansi sehari-hari yang digunakan bisa kita jumpai pada prosesi Sangjit, seperti transparansi keuangan yang berkaitan juga dengan laporan keuangan, item-item yang terdapat di dalam laporan keuangan salah satunya aset lancar maupun aset tetap, serta konsistensi dalam pembentukan laporan keuangan di mana laporan keuangan harus dibentuk berdasarkan aturan yang berlaku

References

Alvesson, M., & Sköldberg, K. 2009. Reflexive methodology: New vistas for qualitative research (2nd ed.). Sage.

Andani, N. 2017. Akuntansi Pernikahan Muslim Bali (Studi Etnografi Di Kampung Lebah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Bungin, B. 2015. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Martani, Dwi, et al. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta

Ellingson, L. L. 2009. Ethnography in applied communication research. In Routledge handbook of applied communication research (pp. 129-152). New York: Routledge.

Fikri, M. A., Karim, N. K., & Widyastuti, W. 2016. Akuntansi Pernikahan di Pulau Lombok. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 15(2), 1-1.

Ginting, R., Yanto, F., PS, R. A., & Darmawan, Y. 2021. Akuntansi Forensik dalam Mengungkapkan dan Menelisik Fraud: Studi Kasus Organisasi Nirlaba. Jaakfe Untan (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 10(2), 50-64.

Gumilang, G. S. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Hanurawan, F. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hilnicputro, W. F. 2022. Akuntansi Sosial: Dalam Perspektif Belis Pernikahan Masyarakat Manggarai Barat. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 5(1), 178-185.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Johnson, B & Chirstensen, L. 2004. Educational Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Boston: Pearson

Kriyantono, R., & Sos, S. 2015. Public relations, Issue & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif. Kencana.

Mayangsari, A. P., & Nurjanah, Y. 2018. Analisis Penerapan PSAK No. 16 dalam Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 6(3), 195-204.

Mulyani, S. 2015. Peran Gusjigang dan Penerapan Akuntansi Terhadap Literasi Keuangan Pranikah. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 12(2).

Patriantoro, T. H. 2019. Peranan Pernikahan Satu Etnis bagi Masyarakat Tionghoa. Representamen, 5(1).

Pradana, A. B. 2017. Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Terhadap Kontrak Kontruksi Pada Cv. Melsya Jaya Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis (Tidak diterbitkan), University of Muhammadiyah Malang.

Priyastiwi, P. 2016. Pengaruh Budaya Terhadap Akuntansi, Auditing dan Praktik Akuntansi Internasional. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 3(1), 78-95.

Tan, Herman. 2020. Tradisi SANGJIT dalam Budaya Tionghoa. https://www.tionghoa.info/sangjit-dalam-budaya-tionghoa.

Thalib, M. A., & Monantun, W. P. 2022. Konstruksi Praktik Akuntansi Tolobalango: Studi Etnometodologi Islam. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 13(2), 85-97.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles