Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Prasah di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara

Authors

  • Naily Avida Defiana Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Yusuf Falaq Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v6i1.69459

Keywords:

persepi, tradisi Prasah, Desa Sidigede

Abstract

Tradisi Prasah di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara merupakan salah satu tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi Prasah adalah tradisi memberikan seekor kerbau sebagai seserahan atau maskawin dari mempelai pria kepada isterinya. Banyak masyarakat di luar Desa Sidigede yang masih asing dengan tradisi ini sehingga peneliti tertarik untuk menyebarkan Tradisi Prasah kepada masyarakat lain dan ingin mengetahui lebih dalam bagaimana persepsi masyarakat setempat pada tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap Tradisi Prasah dan nilai-nilai luhurnya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, yaitu di Desa Sidigede. Instrumen penelitian menggunakan human interest (peneliti sendiri). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa warga setempat mendukung Tradisi Prasah dikarenakan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur, yakni nilai religi, nilai sosial, dan nilai solidaritas.

References

Adji, K. B. 2018. Ensiklopedi Raja-Raja dan Istri-Istri Raja di Tanah Jawa dari Wangsa Sanjaya hingga Hamengku Buwono IX. Araska Publisher.

Andriani, D. 2019. Kearifan Lokal Prasah Sebagai Identitas Budaya Masyarakat Desa Sidigede Jepara Dalam Meningkatkan Sakinah Mawaddah Warahmah (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Beer, P. d., & Koster, F. (2009). Taking Care of Each Other Trends in Social Solidarity. Amsterdam: Amsterdam University Press.

Farid, dkk. 2017. Mitologi Ritual Budaya Lingkar Muria. Kudus: Parist Penerbit Kudus.

Endaswara, S. 2005. Tradisi Lisan Jawa. Warisan Abdi Budaya Leluhur. Yogyakarta: Narasi.

Endraswara, S. 2006. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Pustaka Widyatama.

Johnson, D. P. (1980). Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kuncoroningrat. 1954. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Jambatan.

Mangunjiwa. 1994. Sastra dan Religiositas. Jakarta: Sinar Harapan.

Rukhmana, T., Darwis, D., IP, S., Alatas, A. R., SE, M., Tarigan, W. J., ... & S ST, M. M. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Rusyana, Y., & Samsuri, P. P. T. B. I. (1976). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Sarwono, S. W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugono, D. 2008. Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional.

Sujarweni, V. W. 2014. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles