ANALISIS KONSEP AMANAH SEBAGAI PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN KEUANGAN PADA YAYASAN ( Studi Kasus Pada Yayasan La-Royba Bali Bina Insani Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan )

Authors

  • Kt. M. Wahyu Saputra Abhas Jurusan S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v5i2.21076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian internal pengelolaan keuangan Yayasan La-Royba Bali Bina Insani yang menerapkan konsep amanah sebagai dasar pengendalian internalnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menitikberatkan pada deskripsi serta interpretasi perilaku manusia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan model analisis interaktif melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Yayasan La-Royba Bali Bina Insani melakukan pencatatan keuangannya secara sederhana, (2) dana yang dimiliki yayasan berasal dari pihak eksternal dan internal yayasan, (3) yayasan memberikan kebebasan secara mandiri kepada unit pelaksan teknis yang dimiliki yayasan dalam hal pengelolaan dananya, (4) konsep amanah menjadi dasar utama dalam pengendalian internal pengelolaan keuangan yayasan.

 

Kata kunci: konsep amanah, organisasi nirlaba, pengelolaan keuangan, sistem pengendalian internal

Downloads

Published

2015-11-15

How to Cite

Abhas, K. M. W. S. (2015). ANALISIS KONSEP AMANAH SEBAGAI PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN KEUANGAN PADA YAYASAN ( Studi Kasus Pada Yayasan La-Royba Bali Bina Insani Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan ). Jurnal Akuntansi Profesi, 5(2), 18–30. https://doi.org/10.23887/jap.v5i2.21076

Issue

Section

Articles