PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN KOPERASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Kadek Billy Arta Laksamana Jurusan S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v6i1.21081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian terhadap kinerja pengelolaan keuangan dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data primer yang digunakan adalah data dari kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 Koperasi Simpan Pinjam yang terdapat di Kabupaten Buleleng. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sejumlah 106 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji T dan uji MRA dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan, (2) sistem pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan, (3) komitmen organisasi memperkuat pengaruh positif kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja pengelolaan keuangan, dan (4) komitmen organisasi memperkuat pengaruh positif sistem pengendalian internal terhadap kinerja pengelolaan keuangan.

 

Kata kunci: Kinerja pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, sistem pengendalian internal, komitmen organisasi

Downloads

Published

2016-07-15

How to Cite

Laksamana, K. B. A. (2016). PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN KOPERASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Profesi, 6(1), 32–42. https://doi.org/10.23887/jap.v6i1.21081

Issue

Section

Articles