ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PROSES BISNIS UNTUK MENCEGAH PELUANG TERJADINYA FRAUD ( STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA BAITUL MAAL WA TAMWIL SEJAHTERA SINGARAJA, KABUPATEN BULELENG, PROVINSI BALI)

Authors

  • Silmi Yahdini Jurusan S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v6i1.21082

Abstract

Koperasi merupakan lembaga non bank yang didukung oleh pemerintah dengan tujuan untuk mensejahterahkan kehidupan masyarakat berdasarkan asas kekeluargaan. Sistem pengendalian internal perlu diterapkan dalam  instansi untuk meminimalisir tindak kecurangan atau fraud yang dilakukan oleh salah satu pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengendalian internal pada Koperasi, efektifitas sistem pengendalian internal dan melakukan pengembangan sistem pengendalian internal. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif berupa : (1) data primer, dalam hal ini sumber data yang didapat dari hasil wawancara langsung pada para informan, (2) data sekunder, data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung. Dalam hal ini data diperoleh dari dokumen-dokumen.Hasil penelitian menemukan bahwa Pengendalian internal pada Koperasi BMT Sejahtera sudah berjalan namun hanya saja belum maksimal seperti belum adanya peraturan tertulis dan belum maksimalnya resiko manajemen pada Koperasi BMT Sejahtera dan diperlukan pemisahan tugas dan diperlukan SOP yang terstruktur dan jelas agar dapat meminimalisir kecurangan.

 

Kata kunci : Fraud,  Koperasi, Sistem Pengendalian Internal

Downloads

Published

2016-07-15

How to Cite

Yahdini, S. (2016). ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PROSES BISNIS UNTUK MENCEGAH PELUANG TERJADINYA FRAUD ( STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA BAITUL MAAL WA TAMWIL SEJAHTERA SINGARAJA, KABUPATEN BULELENG, PROVINSI BALI). Jurnal Akuntansi Profesi, 6(1), 43–53. https://doi.org/10.23887/jap.v6i1.21082

Issue

Section

Articles