PENGARUH KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL MEMBAYAR PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Hotel Di Kabupaten Buleleng)

Authors

  • Nyoman Suryani Jurusan S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v7i2.21083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemauan membayar pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan kondisi keuangan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel di Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian adalah seluruh wajib pajak hotel di Kabupaten Buleleng tahun 2017 sebanyak 578. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 101. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemauan membayar pajak, modernisasi sIstem administrasi perpajakan, dan kondisi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel. Secara simultan kemauan membayar pajak, modernisasi sIstem administrasi perpajakan, dan kondisi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel.

 

Kata kunci: Kemauan Membayar Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Kondisi Keuangan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan.

Downloads

Published

2016-12-15

How to Cite

Suryani, N. (2016). PENGARUH KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL MEMBAYAR PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Hotel Di Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Profesi, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.23887/jap.v7i2.21083

Issue

Section

Articles