PENILAIAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KOPI BUBUK BANYUATIS)

Authors

  • I Ketut Agus Ripaldi Prayoga Jurusan S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v7i2.21085

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan yang diterapkan di Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis dan (2) mengetahui efektivitas sistem pengendalian internal sistem penggajian dan pengupahan di Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah bagian personalia, bagian keuangan, bagian akuntansi dan karyawan. Analisis melalui tahapan sebagai berikut (1) pengumpulan data; (2) analisis data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada CV. Pusaka Bali Persada meliputi pembagian fungsi terkait sistem dan prosedur, dokumen, catatan akuntansi yang digunakan, dan adanya jaringan dan prosedur dalam sistem penggajian dan pengupahan; dan (2) Implementasi pengendalian internal dalam sistem penggajian dan pengupahan pada CV. Pusaka Bali Persada telah memenuhi kriteria efektif, karena dalam sitem penggajian dan pengupahan perusahan telah mengimplementasikan 4 (empat) unsur pengendalian internal yaitu adanya pemisahan tugas yang jelas dalam sistem penggajian dan pengupahan yaitu adanya otorisasi dari bagian atau fungsi yang terkait, prosedur pencatatan dan adanya praktik yang sehat.

 

Kata kunci: efektivitas sistem pengendalian internal, sistem penggajian, pengupahan

Downloads

Published

2016-12-15

How to Cite

Prayoga, I. K. A. R. (2016). PENILAIAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KOPI BUBUK BANYUATIS). Jurnal Akuntansi Profesi, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.23887/jap.v7i2.21085

Issue

Section

Articles