PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RENCANA MANAJEMEN,OPINION SHOPPING DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v7i2.21086Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, rencana manajemen, opinion shoping, dan opini audit tahun sebelumnya terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan total data penelitian sebanyak 70 data.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi logistik yang diolah dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, (2) Rencana manajemen berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, (3) Opinion Shopping berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern, dan (4) Opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.
Kata kunci : opini audit going concern, pertumbuhan perusahaan, rencana manajemen, opinion shopping, opini audit tahun sebelumnya