PENGARUH MORALITAS INDIVIDU, INTERNAL CONTROL SYSTEM, DAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KECENDERUNGAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) DI KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ni Luh Yeni Marsini Jurusan Akuntansi dan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia
  • Edy Sujana Jurusan Akuntansi dan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia
  • Made Arie Wahyuni Jurusan Akuntansi dan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.22868

Abstract

Fraud merupakan kecurangan yang berati ketidakjujuran dalam bentuk suatu penipuan atau kesalahan penyajian yang dikehendaki atas fakta material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moralitas indvidu, internal control system, dan penegakan hukum terhadap kecenderungan fraud terhadap pengelolaan keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data kuatitatif. Sumber daya yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari empat perusahaan daerah dengan 100 responden yang berkaitan terhadap pengelolaan keuangan. Teknik sampel yang digunakan sampling jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23 for windows.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) moralitas individu berpengaruh negatif terhadap kecenderunagn fraud, (2) internal control system berpengaruh negatif terhadap kecenderunagn fraud, (3) penegakan hukum berpengaruh positif terhadap kecenderungan fraud dalam pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Daerah.

 

Kata kunci:Fraud, Moralitas Individu, Intren Control System, Penegakan Hukum

References

Darma, I Made Prawira, dkk. 2014. Pengruh Moralitas Individu, Asimetri Informasi, dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Akuntansi Studi Empiris pada Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Buleleng. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, G. A. K. R. S.2017. Pengaruh Moralitas Individu dan Pengendalian Internal pada Kecurangan Akuntansi (Studi Eksperimen pada Pemerintah Daerah Provinsi Bali). Tesis, Universitas Udayana.

Dewi, Komang Tri Kartika. 2017. Pengaruh Sistem Pengendalian Kas, Implementasi Good Governance, Moralitas Aparatur Pemerintah Daerah, dan Persepsi Kesesuaian Kompensasi terhadap Financial Fraud (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Buleleng). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol.7, No. 1

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Ananlisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro Jurusan Akuntansi Program S1, Vol.7, No. 1

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Ananlisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mawarni, Komang Tiara. 2016. Pengaruh Efektifitas Pengendalian Internal,Moralitas Individu, Asimetri Informasi dan Implementasi Good Governance terhadap Kecenderungan Fraud (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Klungkung). Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.

Puspita, Novita dan Eko Suwardi. 2012. Pengaruh Moralitas Individu dan Pengendalian Internal terhadap Kecenderungan Kecenderungan Kecurangan Akutansi; Studi Eksperimen pada Konteks Pemerintahan Daerah, Jurnal Akuntansi Universitas Gajah Mada.

Santosa, Purbayu Budi, dan Asahari. 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS.Penerbit Andi,Yogyakarta.

Sari, Deviana, 2016 Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Fraud Pada Sektor Pemerintahan Kota Bandar Lampung: Persepsi Pegawai Pemerintahan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Simanjutntak, Ridwan, 2013, Pengertian dan Pencegahan Kecurangan, Seri Departemern Akuntansi: FEUI.

Septiari, Ni Made 2016.Pengaruh Pengendalian Intren Kas, Implementasi Good Governance,Persepsi Kesesuaian Kompensasi,Dan Moralitas Individu Terhadap Kecurangan (Fraud) Akuntansi Pada LPD Di Kecamatan Tampaksirirng Kabupaten Gianyar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasLampung.

Septiningrum.2016. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Konflik Kepentingan terhadap Kesenjagan Anggaran Dalam Penyusunan Anggaran Partisipasif. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta.

Yadnya, Made Dwi Kusuma, 2017. Pengaruh Moralitas Individu, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Dan Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus Pada KSP Kecamatan Buleleng). Skripsi. Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha.

Zulkarnain, Rifqi Mirza. 2013. Faktor-Faktor yang mempengaruhi terjadinya Fraud di sektor pemerintahan (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta).Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-01-03

How to Cite

Marsini, N. L. Y., Sujana, E., & Wahyuni, M. A. (2020). PENGARUH MORALITAS INDIVIDU, INTERNAL CONTROL SYSTEM, DAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KECENDERUNGAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) DI KABUPATEN BULELENG. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 76–88. https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.22868

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>