TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) SEBAGAI SOLUSI ATAS MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E – REGISTRATION WAJIB PAJAK

Authors

  • Fitria Alamri Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, STIE Panca Bhakti, Palu
  • Arif Widyatama Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, STIE Panca Bhakti, Palu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.22870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi  wajib pajak serta pengaruhnya dalam penggunaan layanan E-Registration. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) atau model persamaan structural. Dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel wajib pajak orang pribadi yang dalam pendaftarannya menggunakan layanan E-Registration. Hasil penelitian membuktikan  bahwa persepsi kegunaan tidak berpengaruh positif terhadap sikap, kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh positif terhadap sikap, persepsi keguanaan tidak berpengaruh positif terhadap minat, kemudahan penggunaan persepsian tidak berpengaruh positif terhadap minat dan sikap tidak berpengaruh positif terhadap minat.

 

Kata KunciTechnology Acceptance Model (TAM), Perilaku Wajib Pajak, Minat Penggunakan.

References

Arif Widyatama., pengaruh good corporate governance terhadap corporate social responsibility dan kinerja keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia). Tesis, Universitas Brawijaya, 2013.

Azwar, Saifuddin sikap manusia teori dan pengukurannya. Edisi ke dua. Yogyakarta : pustaka pelajar 1995.

Desi Alawia Theana, Pengaruh kepercayaan dan persepsi kebermanfaatan terhadap sikap pengguna e-filling (studi empiris pada universitas tadulako). Skripsi. Palu : Universitas Tadulako tahun 2017.

Direktorat Jendral Pajak Kementrian Keuangan. Pendaftaran NPWP online (eRegistration), http://www.pajak.go.id/content/pendaftaran-npwp-online-eregistration, 28 Desember 2017, 14:20 WITA.

Ema, Suwardi, Analisis faktor dalam menggunakan layanan E-Bill dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Vol.5, No.4, April 2016.

Gadis Adityaningrum, pengaruh kemampuan individu dan kemudahan penggunaan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam menggunakan internet sebagai sumber referensi. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako tahun 2017.

Ghozali, Imam M.Com, Akt. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang 2001.

Hanggono , A. dkk., analisis atas praktek TAM (technology acceptance model) dalam mendukung bisnis online dengan memanfaatkan jejaring sosial instagram. Jurnal Administrasi Bisnis. Jurnal. (JAB), vol. 26, No.1 tahun 2015.

Ismi Faradila, pengaruh perceived usefulness dan computer self efficacy terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber referensi. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako tahun 2015.

Indah Puspita Sari, pengaruh sikap dan motivasi terhadap minat siswa untuk kuliah di jurusan akuntnasi. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako tahun 2011.

Jogiyanto HM., Sistem Informasi Keperilakuan, Penerbit : ANDI Yogyakarta 2007.

Listiyanto, Leonardo, pengaruh motivasi dan pengetahuan tentang profesi akuntansi public terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAK) pada amahasiswa angkatan 2008 dan 2009, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal kajian penelitian dan Akuntansi Indonesia, edisi 3 vol.1 tahun 2012.

Morissan, Metode Penelitian Survei, Penerbit : Kencana edisi pertama 2012.

Ni Made Ani Suganti, pengaruh kualitaas layanan terhadap pendapatan rumah sakit daerah undata provinsi Sulawesi tengah. Skripsi : Palu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu, 2014.

Nur Aiva Deanita, analisis faktor-faktor yang menggunakan e-filling. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako tahun 2016.

Rini Handayani, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi. Tesis, Semarang: Universitas Diponegoro tahun 2005.

Risal C.Y. Laihad, pengaruh perilaku wajib pajak terhadap penggunaan e-filling Wajib pajak di kota Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal 44-51

Sang Ayu Putu Syaninditha dan Putu Ery Setiawan, pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, faktor sosial, dan kondisi yang memfasilitasi, terhadap minat penggunaan e-filling. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.21.1 Oktober 2017 : hal.86-115

Siti Tutik Muntianah dkk, pengaruh minat perilaku terhadap actual use teknologi informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM), Jurnal Profit Vol. 6 No. 1 tahun 2012

Sakinah Zein, pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap peenrimaan teknologi informasi (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako tahun 2015.

Widyastuti dkk., pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. Bali : Simponsium Nasional Akuntansi VII Tahun 2004

Yulia Paris Kadir., pengaruh customer value terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya pada loyalitas pelanggan carefour di Kota Palu. Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), 2017.

Downloads

Published

2020-01-03

How to Cite

Alamri, F., & Widyatama, A. (2020). TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) SEBAGAI SOLUSI ATAS MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E – REGISTRATION WAJIB PAJAK. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 89–99. https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.22870

Issue

Section

Articles