DETERMINAN KUALITAS HASIL AUDIT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BONDOWOSO

Akbar Bagas Irfandiansyah, Yulinartati Yulinartati, Didik Eko Pramono

Abstract


Teori atribusi menjelaskan mengenai proses bagaimana kita menentukan penyebab dan motif tentang perilaku seseorang. Teori ini mengacu tentang bagaimana seseorang menjelaskan penyebab perilaku orang lain atau dirinya sendiri yang akan ditentukan apakah dari internal misalnya sifat, karakter, sikap, dan lain-lain ataupun eksternal misalnya tekanan situasi atau keadaan tertentu yang akan memberikan pengaruh terhadap perilaku individu (Luthans, 2005). Auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan (Mulyadi, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh independensi, kompetensi, pengalaman, dan etika audit terhadap kualitas hasil audit di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah aparat pengawas internal/auditor yang bekerja pada Inspektorat Kabupaten Bondowoso sebanyak 34 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan alat analisis statistik yakni analisis regresi linear berganda (linear regression analysis). Hasil penelitian menyatakan bahwa independensi, kompetensi, pengalaman, dan etika audit berpengaruh terhadap kualitas hasil audit di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso.

Kata kunci: Independensi, Kompetensi, Pengalaman, Etika Audit, dan Kualitas Hasil Audit


Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. (2014). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi ke 4. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Arens et al. 2008. “Auditing and Assurance Services: an Integrated Approach 12th edition”. New Jersey: Pearson Education International, Inc.

Behn, B. K., J. V. Carcello., D. R. Hermanson. dan R. H. Hermanson. 1997. “The Determinants of Audit Client Satisfaction among Clients of Big 6 Firms.” Accounting Horizons, (March): vol. 11. No. (1), 7-24.

Carcello, J. V., R. H. Hermanson. dan N. T. McGrath. 1992. “Audit Quality Attributes: The Perceptions of Audit Partners, Prepares, and Financial Statement Users.”Auditing: A Journal of Practice & Theory 11, (Spring): 115.

DeAngelo, L.E. 1981a. “Auditor Independence, “Low Balling”, and Disclosure Regulation”. Journal of Accounting and Economics. August. pp. 113—127.

Determinan Kualitas Audit dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Auditee Satisfaction(Studi Empiris Pada Auditor Internal Bank Umum Syariah di Indonesia)

DeAngelo, L.E. 1981b. “Auditor Size and Audit Quality”. Journal of Accounting and Economics. December. pp. 183—199.

Harahap, Sofyan Syafri. 2002. Auditing dal Perspektif Islam, Jakarta. Pustaka Quantum.

Lowenshon, S., et.al. (2005). Auditor Specialization and Perceived Audit Quality, Auditee Satisfaction, and Audit Fees in the Local Government Audit Market.

Luthans, Fred. 2005. Organizational Behavior 10th Edition. Alih Bahasa: Vivin Andhika, dkk. Yogyakarta: ANDI.

Mulyadi, 2009. Akuntansi Biaya, Edisi ke 5. Yogyakarta: STIE YKPN. Simanjuntak, Piter. (2008). Pengaruh Time Budget Pressure dan Resiko Kesalahan terhadap Penurunan Kualitas Audit. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jap.v10i2.23069

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF file view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Akuntansi Profesi indexed by:

 Crossref  


Creative Commons License
Jurnal Akutansi Profesi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.