PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUNGAN (STUDI KASUS PADA BNI CABANG SITUBONDO)

Authors

  • Intania Pramaiswari Puteri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Norita Citra Yuliarti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ari Sita Nastiti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.23071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman akuntansi dan penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan cabang BNI Situbondo. Penelitian ini menggunakan variabel independen, yaitu pemahaman akuntansi dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi. Sedangkan variabel dependen adalah kualitas laporan keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di back office di kantor cabang BNI di Situbondo. Sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden sebanyak 44 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman akuntansi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan variabel pemanfaatan pada sistem informasi akuntansi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan

Kata kunci: Pemahaman akuntansi, penggunaan sistem informasi akuntansi dan kualitas laporan keuangan.

References

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi, Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Edisi 1 Yogyakarta : Andi, Anggota IKAPI.

Erawati, Teguh, dan Muhammad Firas Abdulhadi. 2018. Pengaruh pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah, kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal akuntansi & manajemen akmenika vol 15.1 .

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.

https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/677/jbptunikompp-gdl-dadangrukm-33826-6-unikom_d-1.pdf (diakses tanggal 9 September 2019).

Mursyidi. 2010. Akuntansi Dasar. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia. https://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/2015/10/papi-2008-buku-2.pdf

Purwanti, Meilani, dan Wasman Wasman. 2014. Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi dan Peran Internal Audit Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Survey pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kota Bandung). Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen 4.3.

Purwanti, Rita Eni dan Indah Nugraheni. 2001. Siklus Akuntansi. Jakarta : Kansius (Anggota IKAPI).

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. Edisi ke 5. Jakarta : FEUI

Sugiono, Arief, Soenarno,YN, Kusumawati, SM. 2009. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (untuk Bisnis Skala Kecil dan Menengah) . Jakarta: Grasindo.

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuliani, Safrida, Nadirsyah, dan Usman Bakar. 2010. Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota Banda Aceh). Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi 3.2 : 206-220.

Downloads

How to Cite

Puteri, I. P., Yuliarti, N. C., & Nastiti, A. S. (2020). PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUNGAN (STUDI KASUS PADA BNI CABANG SITUBONDO). Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 150–158. https://doi.org/10.23887/jap.v10i2.23071

Issue

Section

Articles