Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Objek Wisata Aling-Aling Waterfall Sebagai Pendapatan Tambahan Desa Sambangan

Authors

  • Nyoman Puja Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Yulianita Dewi Jurusan Ekonomi dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.28411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai (1) sistem pencatatan aliran kas masuk dan keluar pada Objek Wisata Aling-Aling Waterfall di Desa Sambangan, (2) memahami  praktik akuntabilitas dan transparansi dalam  pengelolaan keuangan Objek Wisata Aling-Aling Waterfall di Desa Sambangan, dan (3) alur proses pengelolaan keuangan pada Objek Wisata Aling-Aling Waterfall di Desa Sambangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) sistem pencatatan aliran kas masuk dan aliran kas keluar pada pengelolaan Objek Wisata Aling-Aling Waterfall belum dipisahkan antara buku kas masuk dan keluar. (2) Praktik akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan Objek Wisata Aling-Aling Waterfall ditunjukkan dengan digelarnya pertemuan secara rutin dengan seluruh anggota kelompok guna membahas posisi keuangan kelompok serta penyetoran tanda bukti penjualan tiket kunjungan kepada pihak BUMDes. (3) Alur proses pengelolaan keuangan pada Objek Wisata Aling-Aling Waterfall  dimulai dari BUMDes yang bertugas mengeluarkan tiket kunjungan, kemudian petugas TIC (Tourist Information Centre) bertugas untuk menjual tiket kunjungan kepada wisatawan. Pendapatan dari hasil penjualan tiket kunjungan ini setiap harinya akan disetorkan kepada Bendahara Kelompok Aling-Aling yang kemudian akan dikelola.

References

Ahmad, A. W., & Septriani, Y. (2008). Konflik Keagenan: Tinjauan Teoritis dan Cara Menguranginya. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 47–56.

Hehanussa, S. J. (2015). kutip 1 (Salomi J. Hehanussa ). Conference in Busniess, Accounting and Management, 2, 82–90.

Khairizah, A., Noor, I., & Suprapto, A. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(7), 1268–1272.

Nasution S. (1988). Qualitative Naturalistic Research Method.

Negara, I. K. D. A. (2019). ANALISIS PENGELOLAAN DANA ABADI SEBAGAI BENTUK. (45), 251–262.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Octalianna, & Rahayuningsih, D. A. (2013). Analisis Kepemilikan Managerial Berbasis Pada Teori Keagenan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 15(1), 65–72.

Sukmawati, F., Pujiningsih, S., & Laily, N. (2016). Akuntabilitas Gereja dalam Perspektif Alkitabiah dan Stewardship Theory (Study Kasus pada Gereja X di Jawa Timur). Jurnal Akuntansi Aktual, 3, 301–310.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Astawa, N. P., & Dewi, N. W. Y. (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Objek Wisata Aling-Aling Waterfall Sebagai Pendapatan Tambahan Desa Sambangan. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.28411

Issue

Section

Articles