PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP MINAT WAJIB PAJAK MENGGUNAKAN E-FILLING (STUDI KASUS PADA KPP PRATAMA SINGARAJA)

Authors

  • Gusti Ayu Wulan Artha Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.29850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi, dan kepuasan pengguna terhadap minat penggunaan e-filling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan menggunakan kajian Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), dan Task Technology Fit (TTF). Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Singaraja sejumlah 33.521 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan kriteria wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Singaraja lebih dari 2 tahun dan yang menggunakan e-filling lebih dari 1 tahun, sehingga diperoleh sampel sejumlah 346 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear yang diolah dengan bantuan SPSS versi 22.

Hasil penelitian menyatakan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadapminat penggunaan e-filling, kesiapan teknologi informasi berpengaruh positif terhadapminat penggunaan e-filling, dan kepuasan penggunaberpengaruh positif terhadapminat penggunaan e-filling.

References

Agustina, Mega Ayu. 2018. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib Pajak (Studi Pada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan IAIN Surakarta. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Aprilia, Indah W. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak Guna Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filling pada KPP Pratama Pare. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Chalik, Irma A. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap MinatPengguna E-Filing (Studi terhadap Wajib Pajak di KPP Makassar Selatan)”. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 2, No. 1, Universitas Muslim Indonesia.

Daryanto, A. Bambang. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filling pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Jakarta Barat”. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1, No. 1, Hal: 97-106. Universitas Tarumanegara.

Kirana, Gita Gowinda. 2016. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filling (Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Miliani, Kadek. 2019. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Fasilitas E-Filling Dalam Penyampaian SPT Masa Secara Online di Kantor Pelayanan Pajak Denpasar Timur. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Novindra, N.P. Bella dan N.K. Rasmini. 2017. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Computer Self Efficacy pada Minat Penggunaan E-SPT”. E-Jurnal Universitas Udayana Vol. 19, No. 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Edy dan Nurinayah J. 2019. “Pengaruh Persepsi Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan E-Filling”. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban. Universitas Muslim Indonesia.

Syah, A.L. Noerman. 2017. “Minat Pelaporan SPT Melalui E-Filling: Studi Kasus pada KPP Pratama Tegal”. Jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 17, No. 1, Hal: 81-96. Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Wibisono, L. T. dan Agus A.T. 2014. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing di Surabaya”. Tax & Accounting Review Vol. 4, No. 1 Universitas Kristen Petra.

Yulianto, Rudi. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Perilaku Menggunakan E-Filling (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi di BPRS HIK Parahyangan. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Wulan Artha Ningsih, G. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KESIAPAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP MINAT WAJIB PAJAK MENGGUNAKAN E-FILLING (STUDI KASUS PADA KPP PRATAMA SINGARAJA). Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 303–315. https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.29850

Issue

Section

Articles