PENGARUH CAPITAL EMPLOYED, HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020

Authors

  • Rizky Vernita Dwi Aprilyani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arik Susbiyani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rendy Mirwan Aspirandi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.30693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh capital employed, human capital, structural capital terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling) yakni perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI selama tahun 2017-2020. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Employed dan Structural Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Ini membuktikan bahwa semakin besar Capital Employed dan Structural Capital akan meningkatkan Kinerja Keuangan. Sedangkan Human Capital tidak berpengaruh terhadap terhadap Kinerja Keuangan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemanfaatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, kurangnya gaji dan tunjangan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan.

Kata kunci: Capital Employed, Human Capital, Structural Capital, dan Kinerja Keungan.

References

Albrecht, W. Steve, Earl K. Stice, James D. Stice. 2007. Financial Accounting. Cengage Learning.

Astuti, Pratiwi Dwi, Arifin Sabeni. 2005. Hubungan Intellectual Capital dan Business Performance Dengan Diamond Specification : Sebuah Perspektif Akuntansi. SNA VII, Solo.

Fink, Kerstin. 2012. Knowledge Potential Measurement and Uncertainty. Spinger Science & Business Media.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan penerbit UNDIP.

Ginting, Elfa Khristian. 2011. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hutahaean, Rivana Syalom. 2013. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 19. Jakarta: Salemba Empat.

Octabriansyah, Angga. 2012. Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Palaguna, Andi Tandri. 2014. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012). Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama.

Safria, Geby Tiffani. 2015. Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2014. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sawarjuwono, Tjiptohadi. 2003. Intellectual capital: perlakuan, pengukuran, dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 5 No. 1. pp. 35-57.

Suchandra, Budi. 2015. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI). Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Dwi Aprilyani, R. V., Susbiyani, A., & Aspirandi, R. M. (2020). PENGARUH CAPITAL EMPLOYED, HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 330–338. https://doi.org/10.23887/jap.v11i2.30693

Issue

Section

Articles