PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS, TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN START UP INDONESIA DI BEI PERIODE 2016-2019

Authors

  • Luh Nita Setiyaningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Putu Agus Jana Susila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap harga saham. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah perusahaan Start Up yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian yang digunakan adalah likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan harga saham. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan start up yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017 sampai dengan 2019. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, (2) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham, (3) solvabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, dan (4) likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas berpengaruh terhadap harga saham

References

Brigham, E.F., dan J. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Penerjemah Hermawan Wibowo. Edisi Kedelapan. Edisi Indonesia. Buku II. Jakarta: Erlangga

Chandra, T. 2007. Signifikansi Corporate Strategy Perusahaan-Perusahaan Go Public d Bursa Efek Jakarta. Thesis. (online), (www.google.com)

Christianti, A. 2006. Penentuan Perilaku Kebijakan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta : Hipotesis Static Trade-off atau Pecking Order Theory. Seminar Nasional Akuntansi 9 Tahun 2006

Driffield, N., V. Mahambare, and S.Pal. 2007. How Does Ownership Structure Affect Capital Structure and Firm Value? Recent Evidence From East Asia. www.google.com/search.

Eka, Randi. 2020. Melihat kondisi dan perkembangan industri di tengah pandemi. Diakses dari https://dailysocial.id/post/fintech-report-2020 pada tanggal 20 Desember

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasnawati, Sri. 2005. Implikasi Keputusan Investasi, Pendanaan, dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Publik Di Bursa Efek Jakarta. Usahawan: No.09/Th XXXIX, September 2005.

Helferd, E.A. 1997. Teknik Analisis Keuangan. Penerjemahan Hermawan Wibowo. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Husnan, S. 2000. Manajemen Keuangan-Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Buku 1. Edisi 4. BPFE.

Jogiyanto, Hartono. 2000. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Juniarti. 2009. Penggunaan Economic Value Added (EVA) dan Tobin’s Q Sebagai Alat Ukur Kinerja Finansial Perusahaan di Industri Food And Beverage Yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.

Kusumajaya, Dewa Kadek Oka. 2011. Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Tesis S2, Universitas Udayana. (online), (www.google.com).

Machfoedz, Mas’ud. 1996. Akuntansi Manajemen Perencanaan Dan Pembuatan Keputusan Jangka Pendek. Edisi Kelima. Buku 1. Yogyakarta: STIE- Widya Wiwaha.

Modigliani, Franco dan Merton H. Miller. 1958. The Cost Of Capital, Corporation Finance And The Theory Of Investment. The American Economic Review, Vol. 48, No. 3. (Jun., 1958), pp. 261-297.

Putrakrisnanda. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Mnufaktur di Indonesia.(online), (www..scribd.com).

Robert Ang. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Mediasoft Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-11

How to Cite

Setiyaningsih, L. N., & Gede Putu Agus Jana Susila. (2022). PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS, TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN START UP INDONESIA DI BEI PERIODE 2016-2019. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 106–114. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/34678

Issue

Section

Articles