Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash Pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet)

Authors

  • Widya Desita
  • Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, promosi dan fitur layanan terhadap minat menggunakan transaksi non cash pada aplikasi dompet elektronik (e-wallet). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagai pengguna aplikasi e-wallet. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 247 responden. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui google form yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, promosi dan fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi e-wallet. Sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi e-wallet.

Kata Kunci : Persepsi, Promosi, Fitur Layanan, Minat, E-Wallet

Downloads

Published

2022-05-11

How to Cite

Desita, W., & Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash Pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 115–124. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/34881

Issue

Section

Articles