Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Standar Akuntansi Pemerintah, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2017-2021)

Authors

  • Made Ariada Undiksha
  • Nyoman Ari Surya Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v14i02.61413

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan, pengaruh standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan, dan kompetensi sumber daya amnusia terhadap kualitas laporan keuangan. Lokasi penelitian ini adalah (OPD) Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi atau penatausahaan keuangan di OPD Kabupaten Buleleng. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan metode ini maka diperoleh sampel sejumlah 108 orang. Kuesioner yang didistribusikan sejumlah 108 buah dan yang kembali sejumlah 108 buah. Adapun uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Uji kualitas data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Kemudian, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji t dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bahwa sistem pengendalian iternal berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal memiliki nilai signifikansi uji t sebesar 0,000. Standar akuntansi pemerintah berpengaruh positif siginifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa standar akuntansi pemerintah memiliki nilai signifikansi uji t sebesar 0,036. Kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia memiliki nilai signifikansi uji t sebesar 0,034.
Kata Kunci : sistem pengendalian internal, standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, kualitas laporan keuangan.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Ariada, M. ., & Darmawan , N. A. S. . (2023). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Standar Akuntansi Pemerintah, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2017-2021). Jurnal Akuntansi Profesi, 14(02), 226–237. https://doi.org/10.23887/jap.v14i02.61413