Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi, Karakteristik Wirausaha dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keberhasilan UMKM Pada Masa Pemulihan Ekonomi (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Buleleng)

Authors

  • I Kadek Aldi Parera Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v14i02.63604

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal usaha, penggunaan informasi akuntansi, karakteristik wirausaha dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keberhasilan UMKM di Kecamatan Buleleng. Desain penelitian ini ialah kuantitatif kausal. Populasi pada kajian ini sebanyak 565 UMKM dengan banyaknya responden sejumlah 85 responden. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa ada pengaruh secara positif dan signifikan dari modal usaha, penggunaan informasi akuntansi, karakteristik wirausaha dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keberhasilan UMKM di Kecamatan Buleleng.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

I Kadek Aldi Parera Putra, & Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2023). Pengaruh Modal Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi, Karakteristik Wirausaha dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keberhasilan UMKM Pada Masa Pemulihan Ekonomi (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Buleleng) . Jurnal Akuntansi Profesi, 14(02), 315–326. https://doi.org/10.23887/jap.v14i02.63604