BAURAN PEMASARAN SEBAGAI PENUNJANG PENINGKATAN WISATAWAN KE MUSEUM BALI

Authors

  • Heri Purwanto Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v1i1.28755

Keywords:

Kata Kunci, Museum Bali, Bauran Pemasaran, Wisatawan

Abstract

Museum Bali merupakan salah satu tempat daya tarik wisata yang begitu terkenal di Kota Denpasar. Bahkan dijadikan sebagai wisata kota oleh pemerintah setempat dalam rangkaian city tour. Artikel ini melihat peranan bauran pemasaran dalam menunjang peningkatan wisatawan yang datang ke Museum Bali. Unsur-unsur yang dilihat adalah produk, harga, tempat, dan promosi. keempat komponen tersebut mempelihatkan hasil kerjanya yang memuaskan, karena ia mampu mempergaruhi pemutusan seseorang berlibur ke Museum Bali. Penelitian ini mengunakan metode pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi diikuti dengan wawancara.



References

I Wayan Ardika. 2008. Pusaka Budaya dan Pariwisata. Denpasar: Pusaka Larasan

Hari Karyono.tt. kepariwisataan. Jakarta: Gramedia

Ida Bagus Gede Adyaguhyaka, 2011. “Pengelolaan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Sebagai Objek dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bantul Yogyakarta (skripsi). Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana.

Gatot Ghutama dkk. 2008. Pedoman Museum Indonesia. Jakarta: Direktorat Museum.

Tim Penyusun Museum Bali, 2014. Buku Panduan Museum Bali. Denpasar: Pemerintah Provinsi Bali, UPT. Museum Bali.

Lifska Novalina, 2008. Peranan Promosi WIsata Di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung dalam

Meningkatkan Motivasi Wisatawan terhadap Kota Bandung dan Sekitarnya. Bandung: Universitas Widyatama Bandung., diunduh via http//google.com dalam bentuk pdf tanggal 25 novemper 2014.

Yulia Endah Sukma Purnamasari, 2011. ”Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Kota Semarang”, skripsi S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, di unduh via http.//google.com dalam bentuk pdf pada tanggal 24 nopember 2014.

Anonim, 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Jakarta: Sekretariat Negara RI, diunduh via Google.com pada tanggal 23 novemper 2014.

Widya Prima Natalia, 2012. Masjid Raya Ganting di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera barat : Kajian bentuk dan fungsi skripsi S-1. Denpasar: Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana.

Dewa Putu Ardana, 2014. Laporan: Pekan Apresiasi Budaya Pameran Museum Tingkat Kabupaten. Denpasar: UPT Museum Bali.

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles