PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NO. 1 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Ayu Ira Trisna Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD No.1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil  observasi menggunakan lembar  observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 25%, pada  siklus I yaitu 68,75%,dan pada siklus II menjadi 93,75%. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar IPA siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) siswa kelas IV SD No. 1 Sembung tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan pada guru kelas yang lain, agar bisa menerapkan model pembelajaran tipe student teams achievement division (STAD) ini pada mata pelajaran yang berbeda. Karena penerapan model pembelajaran tipe student teams achievement divisions (STAD) ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan Nasional.

Arikunto,S,dkk.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gagne dan Briggs. 2009. “Pengertian Pembelajaran”. Tersedia pada http://blog.persimpangan.com/blog

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Kuntjojo. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://ebekunt.wordpress.com/2009/07/31/untitled/ (diakses tanggal 5 Oktober 2016).

Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Allyn and Bacon

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang.

Santyasa, Wayan. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, Nusa Penida 29 Juni s.d 1 Juli 2007.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta:Pustaka Palajar

Taniredja, Tukirman, dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif . Bandung:Alfabeta

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. jakarta: Sinar Grafika

Wardhani, I. G. A. K. dkk. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2017-10-16

How to Cite

Trisna Dewi, A. I., & Sumantri, M. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NO. 1 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Journal of Education Action Research, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12039