PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER, AND THINK) DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X TK2 SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Irhamy Langoday eJournal PTK, PPL PPG SM3T

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12185

Abstract

Irhamy Langoday

irhamy_langoday@yahoo.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran SCAIT dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TK2 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, (2) langkah-langkah pembelajaran yang paling tepat dalam menerapkan strategi SCAIT dalam menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X TK2 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) respons siswa kelas X TK2 SMK Negeri 2 Singaraja ketika mengikuti pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi SCAIT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TK2 SMK Negeri 2 Singaraja, sebanyak 36 orang. Data mengenai kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dikumpulkan dengan teknik tes yang diberikan pada akhir pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dikumpulkan dengan teknik observasi, dan respons siswa dikumpulkan dengan teknik observasi dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi SCAIT dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis teks laporan hasil observasi adalah sebesar 30,17%, yaitu dari rata-rata 59,69% menjadi 89,86%. Pembelajaran dikatakan berhasil karena siswa yang mendapatkan skor di atas KKM mencapai 77,78%. Siswa memberikan respons yang positif dalam mengikuti pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi SCAIT, yakni dengan skor 80,56%.

 

Kata Kunci: strategi SCAIT, keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi.

Author Biography

Irhamy Langoday, eJournal PTK, PPL PPG SM3T

Irhamy Langoday, Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Pendidikan Profesi Guru SM3T Undiksha

References

Siwi Mahanani. 2013. Keefektifan Penerapan Strategi SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Kelas VIII SMP Negeri 2 Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi.

Ika Rosiani Nurhayati. 2014. Peningkatan Keterampilan Memproduksi Laporan Teks Observasi Menggunakan Strategi SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) Pada Siswa Kelas VII C SMPN 2 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

Langoday, I. (2018). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER, AND THINK) DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X TK2 SMK NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Journal of Education Action Research, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12185

Issue

Section

Artikel