Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Dengan Menggunakan Media Audio Video Di Kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Fandy Raymond Napitupulu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12297

Abstract

ABSTRAK
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya, disekolah-sekolah dengan jelas menunjukan bahwa menulis dalam bahasa Inggris menjadi salah permasalahan yang sangat penting yang harus segera ditemukan solusinya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan pre-test yang dilakukan di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja. Hasilnya menunjukan bahwa kemampuan mereka masih sangat lemah dalam hal menulis. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah dapat atau tidaknya kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja ditingkatkan menggunakan media audio video. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang. Kemudian penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media audio video dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pemberian pre-test dan post test pada setiap akhir siklus adalah 55,3; 63,38; dan 78,08. Sehingga, hasil dari post test pada setiap akhir siklus sangat jelas menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan subyek dalam menulis. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan adanya respon positif dari subyek terhadap penggunaan media audio video dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan media audio video; selain itu subjek juga merespon positif terhadap penggunaan audio video.
Kata kunci: meningkatkan, kemampuan menulis, audio video.

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

Napitupulu, F. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Dengan Menggunakan Media Audio Video Di Kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(1), 74–80. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12297