PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Justianus Tarigan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja semester gasal tahun pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 18 orang. Data penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni hasil menulis teks eksplanasi, langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, dan respons siswa terhadap pembelajaran. Data hasil menulis teks eksplanasi oleh siswa dikumpulkan dengan teknik tes, data langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dikumpulkan dengan observasi, dan data respons siswa terhadap pembelajaran dikumpulkan dengan angket. Data hasil menulis teks eksplanasi oleh siswa dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Data respons siswa terhadap pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa nilai rerata sebesar 77,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33,3%. Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa nilai rerata sebesar 88,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa mengalami peningkatan. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video mengacu pada RPP yang disusun peneliti bersama guru pamong secara kolaboratif. Respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori sangat baik, yakni 89% siswa mengganggap positif pada siklus I dan 85% siswa mengganggap positif pada siklus II.

 

Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, media video, menulis teks eksplanasi

References

Andyani, Novita, dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Solo: BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kemendikbud.

Noviani, Siska Ulfa. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi secara Tertulis Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Semarang: Jurnal Online Unnes.

Oktarina, Rosyida. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Audiovisual pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 1 Ungaran. Semarang: Jurnal Online Unnes.

Utomo, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jember: Jurnal Edukasi Unej 1 (1).

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

Tarigan, J. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Journal of Education Action Research, 2(2), 123–133. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302

Issue

Section

Artikel