OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ni Made Kusumawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12684

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di kelas V SDN No. 2 Batuaji yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika dengan mengoptimalkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa (LKS) pada siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari pada siklus II sebesar 5,26 dari skor rata-rata sebesar 79,08 dalam kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 83,34 dengan kategori aktif pada siklus II, dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 1,75 dari skor rata-rata sebesar 79,71 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 81,46 dengan kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SDN No. 2 Batuaji tahun pelajaran 2010/2011.

References

Abimanyu, Soli. 2008. Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran 3 SKS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaima Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anggoro, Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ariana, I Made. 2010. Penerapan Problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pecahan siswa kelas IV semester II SD negeri 5 Banyuning Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2007. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha.

Astuti, Sri Ayu. 2010. Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di SD No. 5 Sukasada Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Boud & Felleti (1998). The Challenge of Problem'Based Learning.Kogan Page. Sydney, Australia.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herman, T. (2005). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi pada PPs UPI Bandung.

Howey, K. R., et al. (2001). Contextual Teaching and Learning Preparing Teacher to Enhance Student Succes in The Work Place and Beyond. Washington: Eric Clearinghouse on Teaching and Teacher Education.

Ismaimuza, D. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada PPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kusumawati, Luky. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Dengan Teknik LKS Pada Siswa Kelas VII SMP N 4 CEPU. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Parwata, Ida Bagus Adi. 2009. Pengaruh Pembelajaran Berbasis masalah terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W.(2007).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Siaga, I Nyoman. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIIE SMPN 2 Banjar Tahun Pelajaran 2008-2009. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Siddiq, Djauhar, dkk. 2008. Bahan Ajar Cetak Pengembangan Bahan Pembelajaran SD 2 SKS. Jakarta: Depdiknas.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sukmadewi, Made Irma. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Semester II SD 2 Banjar Tegal. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha.

Suprijono, A.(2010).Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sutawijaja, A dan Jarnawi A. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta:Universitas Terbuka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Innovative, Progresif. Surabaya: Kencana Prenada.

Trianto. 2010. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka

Yoni Sunaryo. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2, 2014, artikel 5.

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

Kusumawati, N. M. (2017). OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Journal of Education Action Research, 1(3), 197–209. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12684