PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NO. 2 CANGGU

Authors

  • Ni Luh Meli Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa Kelas V SD No. 2 Canggu Tahun  Ajaran 2016/2017.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD No. 2 Canggu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V di SD No. 2 Canggu yang terdiri dari 23 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes Hasil Belajar IPS. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil analisis menunjukkan pada refleksi awal hanya 12 siswa (52%) tuntas dari 23 siswa, 11 siswa (48%) belum tuntas, dari KKM yang ditentukan sekolah yaitu 78, pada siklus I Ketuntasan kelasikal baru 14 (61%) siswa yang tuntas dengan nilai rata – rata 77.04 (77%) . Pada siklus II Ketuntasan kelasikal dicapai 21 (91%) siswa tuntas KKM dengan nilai rata – rata 82 (82%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran inkuiri terbimbing  dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa Kelas V SD No. 2 Canggu.

References

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri.

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Balai Pustaka.

Anom.2014.Peran Guru Dalam Pembelajaran. Tersedia pada http://anomsblg.wordpress.com/profesi-kependidikan/peran-guru-dalam-pembelajaran/(diakses 22 Mei 2014).

Arikunto, dan Suharsimi. 2010. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Denpasar: Depdikbud.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Inkuiri. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Landasan

dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Merdiansi, Ni Komang Ayu. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Sains pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Dukuh Kecamatan Kubu Karangasem Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurusan Pendidikan Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sanjaya, H. Wina. 2006. Srategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Predana Media Group.

______. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Suparno, Agus. 2007. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto.200 . Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

Meli, N. L. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NO. 2 CANGGU. Journal of Education Action Research, 1(3), 218–229. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12686