Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP

Authors

  • Ni Putu Idayani SMP Negeri 3 Kubu, Karangasem, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13728

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktif dan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam aktivitas pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi yang dilengkapi dengan pedoman observasi terhadap keaktifan belajar siswa dan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) objektif. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan menggunakan rumus statistik. Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada refleksi awal keaktifan belajar siswa sebesar 4,87 yang tergolong kurang aktif. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 6,27 yang tergolong cukup aktif; sedangkan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 7,57 yang tergolong aktif. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa . Pada refleksi awal nilai ratat-rata siswa sebesar 58,83. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 67,67, pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 79,52. Dari hasil tersebut ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooferatif model STAD. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooferatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA.

References

Abu Ahmadi. 1984. Strategi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Agung. 1999. Metodologi Penelitian. Surabaya: Usada Nasional.

Anton, M Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriyah, Nariswati. 2014. Artikel Penggunaan Model Mnemonik Dengan Media Lcd Proyektor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Semester Ii Sd Negeri 2 Bandungrejo Kalinyamatan Tahun 2013 – 2014. Guru SD Negeri 2 Bandungrejo Kec.Kalinyamatan Kab. Jepara .

Darma, I Wayan. 2006. “Standar Nasional Pendidikan”. Makalah (diseminarkan). Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem.

Dewi, Kadek Yulli Candra, I Made Suarjana, Ni Wayan Arini. 2016. Penerapan Model Student Fasilitator And Explaining Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Djojosuroto, Kinyati dan M.L.A. Sumaryati. 2004. Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Penerbit Nuansa.

Dwipayana, Ida Bagus Made , I Made Danu Budhiarta, Kadek Yogi Parta Lesmana. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Vol 8, No 2,

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Harmoko 2013. Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement division (STAD) ditinjau dari keaktifan siswa dan hasil belajar siswa mata pelajaran menggunakan alat ukur kelas x jurusan teknik pemesinan di SMK muhammadyah prambanan. Tersedia pada https://www.eprints.uny.ac.id/9960/ 1/JURNAL%20ILMIAH.pdf.diakses pada tanggal 15 Maret 2018.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Nurkancana dan Sunartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Parmiti, Desak Putu, I Ketut Tunas Arnawa. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research Universitas Pendidikan Ganesha Volume 1 No 2.

Permana, Aditya, Susanto dan Arika Indah K. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Suboh Tahun Ajaran 2013/2014. Pancaran, Vol. 3, No. 3, hal 41-52

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.

Sardiman. 2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Sudana, I Putu Ari, I Gede Astra Wesnawa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1 Nomor 1.

Sulasti, Ni Wayan. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran PKn Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di SD. Journal of Primary Educational, JPE 1 (2).

Sunilawati, Ni Made, Nyoman Dantes, I Made Candiasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar Volume 3

Suyanto, dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Tim BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trinandita. 1984. Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Hasil Belajar. http//WWW. Media.diknas.go.id/media/document/5098.pdf.(1 Maret 2013)

Utami, Santi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 4

Wardani, I G.A.K., dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wigih, Riskitri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 5 Sd Negeri Jatiasih X Bekasi. Tersedia pada https://www.repository.uinjkt.ac.id/d space/.../1/RISKITRI%20WIGIH%2 0SAYEKTI-FITK.pdf. diakses pada tanggal 13 Maret 2018

Downloads

How to Cite

Idayani, N. P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP. Journal of Education Action Research, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13728