PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE INQUIRY TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Yusi Ardiyanti

Abstract


Penelitian ini menunjukkan bagaimana penerapan metode guided inquiry untuk meningkatakan keterampilan proses sains (KPS) siswa Sma?”. Namun karena KPS dalam penelitian ini di batasi pada keterampilan berkomunikasi, keterampilan mengajukan pertanyaan, keterampilan merencanakan percobaan, dan keterampilan proses berhipotesis. Sehingga muncul permasalahan lain, yaitu bagaimana strategi guru dalam menerapkan guided inquiry pada tiap aspek KPS. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua. Dari PTK tersebut di dapat hasil yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pembelajaran yaitu dari 5,15 (siklus I) menjadi 5,88 (siklus II), begitupun dengan setiap indikator KPS terjadi kenaikan, kenaikan terbesar ada pada keterampilan melakukan percobaan, hal ini menujukkan bahwa pembelajaran yang   menggunakan   proses   untuk membentuk   pengetahuan   cenderung   lebih   bermakna. Sedangkan indikator keterampilan berkomunikasi mengalami peningkatan yang paling rendah, hal ini juga bisa menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa untuk mengungkapkan ide, gagasan atau bahkan pengetahuan yang dimilikinya untuk di sampaikan pada orang lain yang sehingga orang lain pun memahaminya. Peningkatan ini di hitung berdasarkan rumus gain.


References


Ardiyanti, Yusi. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terbuka untuk Meningkatkan Pemahaman

Konsep, Keterampilan Proses Sains (KPS), dan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Bandung: Tesis UPI (2011).

Ayan, Jordan E. Bengkel Kreativitas: 10 Cara Menemukan Ide-ide Pamungkas. Penerjemah Ibnu Setiawan. Aha!: 10 Ways to Free Your Creative Spirit and Find Your Great Ideas Bibliografi. 1997. Bandung. Kaifa (2002)

Bruce, Chip. Teaching Science: The Inquiry Process and Engaging in Inquiry. (Online). (http://www.isrl.uiuc.edu/-chip/-teach/resources/D_Process.shtml. di akses tanggal 10 maret 2007(2001).

Muslimin, Ibrahim. Pembelajaran Inkuiri. (Artikel Online). (http://kpicenter.- org/index.php?option=com_content&task=view&id=37&itemid=4. di akses tanggal 10

September 2007 (2007).

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas (2002).

Kuhlthau & Todd.. Guided Inquiry: A Framework for Learning Through School Librariesin 21st Century School. New Jersey: CISSL. (Online). (http://cissl.-scils.rugrers.edu/guided inquiry/introduction.-html.htm. di akses tanggal 10 maret 2008 (2007).

Paidi. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Yogyakarta: FMIPA UNY (2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.13815

Article Metrics

Abstract view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.