Peningkatan Prestasi Belajar Agama Hindu SMP Melalui Model Pembelajaran Ekspositori

Authors

  • Ni Made Sukardi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16265

Abstract

This research was carried out at SMP Negeri 3 Sawan in Class VII A8 whose students' ability to materialize Hinduism was low. The purpose of this class action research writing is to find out whether the Expository learning model can improve student learning achievement. The data collection method is a learning achievement test. The data analysis method is quantitative descriptive. The results obtained from this study are Expository can improve student learning achievement. This is evident from the results obtained initially with an average value of 68.71, in the first cycle to 6.49 and in the second cycle to 6.88. The conclusion derived from this study is that the Expository learning model can improve learning achievement.

References

Agung, A. A. G. 1991. Pengantar Evaluasi. Singaraja: STKIP Agama Hindu.

Agung. A. A. G. 1998. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.

Atriyanto, Bayu, Edy Sulistiyo. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas Xi Tav Di Sma Negeri 2 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, Nomor 02, hal. 09 – 13

Asri, B. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 1984. Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta.

Depdikbud. 1986. Pedoman Penilaian Pendidikan Dasar. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. dan Aswan, Z. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, O. 1996. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Nasution, F. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Rajawali.

Nasution, F. 2001. Hubungan Metode Mengajar, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nasution. 2000. Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nurkancana, W. 1981. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Biro Penerbit FIF Unud.

Nurkancana, W. dan Sunartana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Safriadi. 2017. Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori . Jurnal MUDARRISUNA Volume 7, Nomor 1,

Suanthara, I N. D. E. 2008. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Unpublished. Singaraja: STKIP-AH.

Sukmawati, Dessy, Endang Purbaningrum. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Paud Teratai Vol 4, No 2

Suryabrata, S. 1987. Mengenal Metode Pengajaran Di Sekolah dan Pendekatan Baru Dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta Buku.

Suyadnya, Ida Bagus Gede. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, Volume 3 Nomor 2.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bumi.

Tanu, Ketut. 2017.Mengembangkan Model Pembelajaran Agama Hindu Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Religius. Prosiding Seminar Nasional Agama Dan Budaya (Semaya II).

Vigotsky. 1988. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wardani. 2006. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Sukardi, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Agama Hindu SMP Melalui Model Pembelajaran Ekspositori. Journal of Education Action Research, 2(3), 276–284. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16265