Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Luh Rai Sekolah Dasar Negeri 6 Tianyar , Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I semester I SD Negeri 6 Tianyar melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan desain siklus model Kemmis dan Taggart. Partisipan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 6 Tianyar yang berjumlah 14 orang. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus tindakan selama dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan metode tes. Data hasil belajar berupa skor selanjutnya dianalisis,  dievaluasi, dan direfleksikan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Skor hasil belajar pada siklus I menunjukkan rerata 52,14% dan pada akhir siklus I skor hasil belajar menunjukkan  rerata  60 Dibandingkan dengan pencapaian skor hasil belajar siklus I, ternyata skor hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 65%. Walaupun terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa, namun masih banyak kendala yang muncul selama proses pembelajaran. Berkat keuletan peneliti dan bantuan dari berbagai pihak, berbagai hambatan dan kendala itu dapat di atasi  dengan baik sehingga pelaksanaan tindakan dapat berjalan sesuai rencana

References

Agung. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kelas IV. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual teaching and learning), Jakarta : Ditjen Dikdasmen.

Dibia, dkk. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Singaraja: FIP Undiksha.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, L.A., 2012. Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), pp.1-10.

Hudoyo,Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Komalasari, K . 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Bandung: Repika Aditama

Nochi, dan Nasution. 1994. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Nurhadi, dkk. 2004. Penerapan Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim,M. 1993. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Rosnawati, R., 2013. Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).

Saefudin, A.A., 2012. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Jurnal Al Bidayah, 4(1).

Siagian, R.E.F., 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Sudrajat, Akhmad. 2008. Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (http://smacepiring.wordpress.com/)

Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cet. 2 Malang: IKIP Malang

Supriyanto, B., 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), pp.165-174.

Suyanto. 1997. Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BP3SD, Diijen Dikti. Depdikbud.

Sudjana,nana 1992. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, Algensindo.

Tabrani, A . Rusyan. 1993. Proses Belajar Mengajar Yang Efektif. Bandung: Bina Budaya.

Tantra. 2004. Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Singaraja: Makalah Pelatihan Guru Khusus (Pemandu) SD/MI di Kabupaten Karangasem.

Widjajanti, D.B., 2009, December. Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5).

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Luh Rai, N. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17269

Issue

Section

Artikel