Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013

Authors

  • Septi Wahyu Utami PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17371

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang nakal kepada temannya dan suka melakukan bullying, padahal di sekolah tersebut telah menerapkan pendidikan karakter melalui proses pembelajaran maupun non pembelajaran, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 siswa kelas 3A SDN Gayamsari 01 Semarang. penelitian ini difokuskan pada pembelajaran tematik tema 7 sub tema 1 dan 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket, menggunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik berjalan dengan baik, siswa sudah mampu menerapkan nilai-nilai karakter yang diajarkan, walaupun belum sepenuhnya, data presentase hasil penelitian meliputi presentase nilai karakter di RPP mencapai 38,88 %, presentase penerapan nilai karakter mencapai 55,55 %, presentase hasil observasi siswa mencapai 84, 375 %, dan presentase hasil angket mencapai 100 %

References

Akhwan, Muzoffar. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi Vol. 7 No.1 2014

Daryanto, S. D. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta:Gava Media.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Julaiha, Siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu Vol. 14. No 2, Desember 2014

Kadir, Abd. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Koesoema, A. Doni. 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Ma’unah. Dalam. Analisis pendidikan karakter pada pembelajaran matematika dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (Siswa Kelas VIII B dan VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014. Naskah publikasi FKIP UMS.

Mulyasa, M. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Samani, D. H. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Soegeng A.Y. Ysh., M. 2015. Etika Pancasila Nilai - Nilai Pembentuk Karakter.

Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama .

Soegeng A.Y. Ysh., M. 2016. Filsafat Pendidikan . Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Soegeng A. Y. Ysh., M. D. 2016. Landasan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono, P. D. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiyanto Mukti Widiya. 2014. Analisis implementasi pendidikan karakter di sekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Vol. 2 No. 1, November 2014.

Downloads

Published

2019-04-24

How to Cite

Wahyu Utami, S., Ardiyanto, A., & Wijayanti, A. (2019). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 3(3), 209–214. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17371