Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK

Authors

  • I Nyoman Wardika SDN 3 Sibang Kaja, Badung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan permainan tradisional dapat mengatasi kejenuhan belajar PJOK siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja semester II kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penurunan kejenuhan belajar siswa dengan menerapkan permainan tradisional. Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional sangat efektif diterapkan untuk mengatasi Kejenuhan Belajar  siswa kelas IV SD No 3 Sibang Kaja Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Rata-rata penurunan Kejenuhan Belajar  siswa pada siklus I sebesar 228,41 berada pada katagori tinggi, sedangkan pada siklus II rata-rata penurunan Kejenuhan Belajar meningkat menjadi 251,30 berada pada katagori sangat tinggi. Sedangkan ketuntasan klasikal siklus I sebesar 92,59%, meningkat pada siklus II menjadi 100%

References

Agung, A.A Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Permendiknas. No.22 tentang Tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas.

Firmansyah, H., 2009. Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), pp.41-42.

Istiqomah, Nadia . 2014. Penerapan Metode Permainan Tradisional Bebentengan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Akuntansi Perusahaan Jas di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Tangerang Selatan (Penelitian Eksperimen di Kelas XI IPS 3). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Lutfi Tajul Arifin, Iyan Nurdiyan Haris. 2018. Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem Kabupaten Subang. Jurnal BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol 4 No. 1 Februari .

Maryanti. 2014. Pelaksanaan Permainan Tradisional Dalam Mendukung Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain (Kb) Alam Uswatun Khasanah, Kronggahan, Gamping, Sleman. Jurnal Pendidikan UNY. Vol 1 No 2.

Pramono, H., 2012. Pengaruh sistem pembinaan, sarana prasarana dan pendidikan latihan terhadap kompetensi kinerja guru pendidikan jasmani sekolah dasar di kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(1).

Suherman, Adang. 2009. Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: UPI.

Sulistiono, A.A., 2014. Kebugaran jasmani siswa pendidikan dasar dan menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), pp.223-233.

Suryobroto, Agus S. 2004. Diklat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Virgian Ferda Sari, Siti Masitoh. 2017. Permainan Gobak Sodor Terhadap Interaksi Sosial Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa. Vol. 2(1).

Utama, A.B., 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).

Winarno. 2009. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung: Ganecsa Exacta.

Yudiana, Y., 2015. Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. ATIKAN, 5(1).

Downloads

How to Cite

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231–237. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377